Menu Close

Pengalaman Mendaftar Google Adsense

Pendaftaran Google Adsense

Selamat datang di Id Blogging, malam ini masih sore untuk di bilang malam, tapi rasanya belum wajar untuk pergi tidur, maka saya coba buka blog, dan kepikiran untuk menulis pengalaman mengenai mendaftarkan blog ke Google Adsense..

Untuk sharing pengalaman ini mungkin bisa di mulai dari cerita ya, karena lebih gampang kalau sambil cerita.

Pengalaman ini saya dapat ketika saya mendaftarkan blog (Blogger) ke Google Adsense, kira-kira begini cerintanya:

Blog ini pertama di buat tahun 2013 masih jaman kuliah, masih jaman alay lah. Ketimbang menuliskan keluh kesah di sosmed saya memilih blog untuk berkeluh kesah.

Alasan sebenarnya adalah karena pernah baca beberapa artikel bahwa dengan ngeblog kita bisa mendapatkan uang.

Karena minim Informasi, malas baca, akhirnya saya anget-angetan saja untuk menulis, sampai akhirnya di tahun 2014 mulai mengisinya dengan artikel-artikel yang berupa tugas kuliah.

Selain dari itu tidak pernah saya isi lagi dengan materi ataupun konten yang lain. Total mungkin sekitar 12 postingan, sampai tahun 2020 bulan Februari (Mulai Pandemi) jumlah postingan tidak bertambah…

Akhirnya di awal Maret saya mulai membuka lagi blog ini, karena memang pekerjaan sekarang lebih ringan dan waktu luang cukup banyak.

Flashback ke postingan postingan saya di masa lalu, membacanya ternyata memang terasa geli hehe, untuk postingan yang alay-alay saya jadikan private, sayang kalau dihapus.

Oh iya kemudian timbul untuk meneruskan hobi saya menulis di blog ini dengan lebih serius.

Tapi ternyata postingan saya yang cuma 12 biji itu dilihat lebih dari ratusan ribu, wow semangat dong, tapi harus di ingat ini sudah 7 tahun, jadi tidak sebanding sebenarnya dengan blog-blog yang sudah terkenal.

Hal ini membuat saya kembali termotivasi untuk kembali nge-blog.

Setelah baca beberapa referensi agar giat menulis, lalu saya memutuskan beli domainĀ insinyurmesin.com sebagai domain pengganti yang sebelumnya.

Fokus saya pada awal maret itu adalah membuat tampilan blog saya lebih modern dan seperti saat ini, dan membulatkan tekat tujuan menulis adalah memuaskan hobi.

Jadi semua yang saya tulis adalah konten yang berbobot walau harus diakui masih belum terlalu enak bacanya.

Setelah selesai mengedit tampilan template yang saya mulai memasukkan beberapa postingan baru.

Tapi apalah daya tangan ini tidak sabar untuk tidak mendaftarkan diri ke Google Adsense. Singkat cerita tanggal 27 september saya daftarkan diri ke Google Adsense.

Kalau kalian pengen tau di terima atau tidak?, lanjutkan membaca sampai habis ya..

Berapa Jumlah Postingan Waktu Mendaftarkan?

Mungkin total postingan hanya 16 artikel sungguhan dan beberapa tulisan jaman alay yang masih ada, tapi saya nekat aja mendaftarkan blog ini ke google adsense..

Berapa Trafik Blog ini?

Terus terang karena saya ini nekat untuk mendaftarkan diri ke google adsense, jumlah rata rata pengunjung harian hanyalah kurang lebih 50, bahkan kadang kadang hanya 20…

Diterima?

Diterima di percobaan pertama setelah mendaftarkan diri pada tanggl 4 april, saya mendapatkan surat cinta dari Google Adsense bahwa saya di terima sebagai penayang iklan mereka 7 hari kemudian..

Surprise memang, karena awalnya memang tidak yakin diterima soalnya sih.

Dari hal tersebut saya bisa menyimpulkan bahwa, untuk mendaftar Google Adsense, blog anda tidak harus 100% mengikuti apa yang anda temukan di blog orang lain.

Penutup

Mungkin kalian yang ingin mendaftarkan diri ke Google Adsense sering mencari informasi mengenai syarat dan trik supaya di terima oleh google.

Kalau dari pengalaman saya pribadi, apa yang mereka tulis di blog, bagaimana tips dan trik supaya diterima sebenarnya cukup membantu kok, walau tidak sepenuhnya akurat.

Google Adsense mempunyai syarat minimal seperti yang mereka tuliskan di halaman persyararan mendaftar Google Adsense.

Untuk saran-saran dari blogger yang sudah eksis, kira- kira saran mereka akan seperti ini:

  • Menu Navigasi harus lengkap
  • Jumlah Postingan – Ada yang memberikan info bahwa harus minimal 5 konten per tags
  • Jumlah Pengunjung – Minimal 100 baru bisa di daftarkan
  • Jangan Ganti Ganti Template
  • Menu Penting seperti: ToS, Disclaimer, Privacy Policy, About dll
  • Gunakan Tampilan yang kekinian.

Nah kira kira itu yang mereka sarankan, dan beberapa yang saya ikuti dan beberapa saya langgar. Dari beberapa saran di atas, yang saya tidak lakukan adalah di poin 2, 3, dan 4.

Jadi kesimpulannya Google punya kriterianya sendiri asal konten kalian bagus, tampilan bagus, dan yang terpenting tidak tentang hal hal yang di larang oleh google seperti : judi, pornografi, dan perdagangan narkotika, saya yakin kalian juga akan diterima.

Untuk saya pribadi semoga ini bisa saya jadikan ini pemacu supaya tetap rajin menulis, dan berbagi ilmu. Apa yang saya harapkan kedepan saya akan terus dapat konsisten membuat konten yang dapat membantu dan mengedukasi kalian untuk masa depan lebih baik..

Kalau ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Sampai disini dulu ya, sampai ketemu di postingan selanjutnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *