Apa itu Kerja Remote, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Seiring dengan perkembangan zaman, kita perlu mengetahui jenis pekerjaan baru yang muncul karena perkembangan zaman, salah satunya adalah Kerja Remote (Remote Working). Saat ini bekerja tidaklah harus datang ke kantor seperti biasanya. Lantas apa itu Kerja Remote? Apa perbedaannya dengan kerja normal?.

Mari kita bahas secara detail, supaya anda dapat memahaminya dengan baik.

Apa itu Kerja Remote?

Kerja remote  adalah suatu metode kerja untuk sebuah perusahaan seperti layaknya karyawan normal.

Namun tidak memerlukan kehadiran fisik.

Semua pekerjaan yang diberikan perusahaan dapat dilakukan dari jarak jauh.

Kebetulan saya sendiri memiliki pengalaman dalam pekerjaan ini, jadi saya tahu betul bagaimana bekerja remote ini.

Agar lebih mudah memahami seperti apa Kerja Remote, saya ingin mengajak anda melihatnya dari perbandingan antara kerja remote dan kerja normal/regular.

1. Kehadiran

  • Kerja Normal

Bekerja secara normal artinya semua pekerjaan yang anda lakukan pada suatu perusahaan memerlukan kehadiran fisik. Baik itu di kantor, pabrik atau pun suatu project. Sesuai dengan lokasi bekerja yang telah disepakati oleh kedua pihak.

Jadi semua aktifitas, termasuk tugas, absensi dan report yang berhubungan dengan pekerjaan, dilakukan melalui interaksi langsung di tempat kerja.

Contoh: Anda sedang bekerja di perusahaan tambang. Sebagai pekerja reguler, anda harus hadir di lokasi, untuk mengontrol aktifitas tambang yang sedang berjalan. Semua aktifitas dilakukan secara langsung.

  • Remote Working

Kerja Remote adalah bekerja secara jarah jauh. Anda tidak perlu hadir sama sekali di kantor perusahaan yang mempekerjakan anda.

Tetapi biasanya, perusahaan yang mempekerjakan anda akan memberikan working space (ruang kerja bersama). Lengkap fasilitas yang menunjang pekerjaan anda.

Seperti:

Laptop, wifi, handphone, semua penunjang kerja akan disediakan oleh perusahaan.

Pengertian pekerjaan yang dilakukan dengan kerja remote lengap dengan kelebihan dan kekurangannya

2. Jam Kerja

Untuk jam kerja, antara kerja normal dan kerja remote tidak lah ada perbedaan.

Sesuai peraturan pemerintah indonesia, jam kerja yang sudah ditetapkan adalah 8 jam waktu kerja untuk 5 hari kerja, atau 7 jam per hari untuk 6 hari kerja. Selebihnya akan di hitung overtime atau lembur.

Yang membedakan keduanya adalah efektifitas. Kalau kerja normal kita akan di tuntut untuk mengikuti jam kerja kantor namun kerja remote lebih di tuntut efektifitas.

Efektifitas artinya perusahaan tidak terlalu peduli berapa jam anda bekerja asal semua task terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Kalau hasil bekerja 8 jam bisa kita lakukan dengan 4 jam saja mengapa kita harus berpura-pura bekerja 8 jam,

Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan hal lain, seperti blogging, atau sekaligus menjadi freelancer, menimbang anda bekerja seharian didepan komputer.

3. Gaji dan Benefit

Gaji yang didapat pasti sama antara keduanya.

Tapi dengan catatan:

Anda bekerja remote di perusahaan lokal!

Kalau remote untuk luar negeri?

Jauh sekali bedanya…

Pengalaman saya pribadi yang bekerja remote untuk perusahaan asing, rate yang diberikan cukup tinggi. Mungkin karena kurs rupiah.

Untuk level staff biasa, salary yang di tawarkan berkisar di $1000-$1500 USD.

Walaupun besar jika di rupiahkan, namun jangan salah ya.

Bagi mereka gaji kita tergolong kecil, karena standar gaji orang lokal di negaranya bisa 6-8 kali lebih tinggi.

Katakanlah Australia.

Untuk posisi staff Spareparts remote dari Indonesia, saya dibayar 1000 USD. Kalau mereka membayar orang lokal Australia untuk posisi yang sama, salary yang dibayarkan bisa 6000-8000 USD.

Makanya hal ini adalah salah satu win-win solution.

Untuk benefit yang didapatkan, saya rasa semuanya sama.

Mulai dari pakaian, peralatan kerja, asuransi. Rata-rata sama persis dengan pekerjaan regular.

FAQ

Berapa Gaji Kerja Remote?

Gaji kerja remote tergantung pada posisi dan perusahaan yang menawarkan kerja. Biasanya, untuk posisi entry level di perusahaan asing kisaran gaji minimal berkisar di 9-18 Juta rupiah.

Untuk perusahaan lokal, tentu masih jaud dari angka tersebut.

Apa itu Full Remote Working?

Full remote working adalah karyawan yang bekerja untuk suatu perusahaan, diijinkan untuk bekerja dari jarak jauh secara penuh. Artinya sekita sudah menjadi karyawan di perusahan tersebut, kamu hadir secara fisik.

Bidang apa saja yang bisa dilakukan secara Remote Working?

Secara umum kerja remote di dominasi oleh para programmer seperti back-end, front-end, full-stack dan banyak lagi jenis developer (programmer) yang sejenis, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk di bidang lain.

Untuk pengalaman saya sendiri, sekarang saya bekerja untuk perusahaan manufaktur Australia sebagai Spareparts Engineer.

Dimana Bisa Mencari Lowongan Kerja Remote?

Diluaran sana sudah banyak platform untuk mencari kerja yang tersedia, seperti jobstreet, jobsdb dll. Namun sepengetahuan saya di platform tersebut kebanyakan yang tersedia adalah untuk perusahaan lokal.

Apabila anda berminat untuk mendapatkan jobs dari perusahaan asing, anda bisa mencoba Glints. Bukan berniat promosi si, karena saya secara kebetulan adalah salah satu rekrutan Glints.

Prospek Masa Depan?

Ini yang saya sampaikan adalah pendapat pribadi, pekerjaan ini sangat menjanjikan dari segi fleksibilitas dan benefit. Banyak hal sampingan yang bisa saya lakukan ketika bekerja, termasuk menulis artikel ini.

Bagi saya era digital semakin mendominasi kehidupan manusia hingga puluhan tahun kedepan, ada baiknya perkembangan zaman di ikuti supaya tidak kehilangan peluang lain di kemudian hari.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk orang-orang yang mengedepankan efektifitas ketimbang kuantitas jam kerja.

Untuk prospek masa depan, sejauh anda adalah karyawan permanen walaupun remote, tentu hal ini sangat baik.

Ada beberapa bidang yang memang memiliki jenjang karir sedikit abu-abu ketimbang kerja normal. Kecuali perusahaan asing tersebut memang membuka cabang di Indonesia.

Keuntungan Kerja Remote?

Secara pribadi, kerja remote membuat saya punya banyak waktu luang. Sehingga punya waktu untuk membaca dan investasi pada pengetahuan.
Menulis blog ini salah satunya.

Saya bisa kembali aktif menulis blog, setelah vakum dari tahun 2013. Bagi anda yang berminat mengenai blog, saya sudah menuliskan panduan cara membuat blog (wordpress.org) dalam 7 langkah untuk pemula.

Sembari bekerja, apa salahnya memanfaatkan momen untuk menambah pundi pundi penghasilan.

Penutup

Demikian artikel ini saya tulis sebagai wawasan dan pengetahuan untuk mengetahui pengertian kerja remote. Dan apa saja bedanya dengan kerja normal.

Terlepas dari pro kontranya, sebagai generasi muda kita wajib memmpertimbangkan peluang yang ada di depan mata.

Next kita akan bahas mengenai freelancer, kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan tulis di komentar ya. Saya akan coba jawab sebaik mungkin..

Enjoy Reading guys…

Jitendra Vaswani adalah Praktisi Pemasaran Digital & pembicara kunci internasional yang saat ini menjalani gaya hidup nomaden digital dan pendiri blog pemasaran internet BloggersIdeas.com & Agen Pemasaran Digital DigiExe. Selama lebih dari 8 tahun keahliannya dalam Pemasaran Digital, Jitendra telah menjadi konsultan pemasaran, pelatih, pembicara dan penulis "Inside A Hustler's Brain: In Pursuit of Financial Freedom" yang telah terjual lebih dari 20.000 eksemplar, di seluruh dunia & kontributor "Internasional Penulis Buku Terlaris Growth Hacking 2”. Dia telah melatih 10.000+ profesional pemasaran digital hingga saat ini dan telah mengadakan lokakarya pemasaran digital di seluruh dunia. Tujuan utamanya adalah membantu orang membangun bisnis melalui digitalisasi, membuat mereka menyadari bahwa mimpi akan menjadi kenyataan jika Anda tetap bersemangat. Lihat portofolionya ( jitendra.co). Temukan dia di Linkedin, Twitter, & Facebook.

Tinggalkan komentar