10 Pengusaha Muda Sukses yang Membangun Bisnisnya dari Nol

Banyak anak muda yang memimpikan kesuksesan dalam hidup mereka, tapi hanya sedikit saja yang berani action. Meraih mimpi tersebut dan mewujudkannya menjadi nyata. Menjadi seorang pengusaha muda sukses memang menyenangkan, karena di masa tua nanti tidak perlu takut akan kekurangan.

Namun, untuk itu pun diperlukan kerja keras dan juga semangat serta pantang menyerah. Di Indonesia sendiri ada beberapa anak muda yang kini telah meraih kesuksesan.

Bahkan beberapa produknya telah banyak dibicarakan oleh masyarakat dan menjadi ciri khas tersendiri. Tentu, ada kebanggaan tersendiri saat kita bisa sukses di usia muda.

Daftar Pengusaha Muda Sukses yang Bisa Dijadikan Motivasi

 Nah, agar kamu semakin termotivasi untuk sukses di usia muda, maka kamu harus menyimak siapa saja anak muda yang merintis bisnisnya dari nol dan kini telah menuai hasil dari kerja keras tersebut.

1. Dea Valencia

Batik Kultur, kira-kira siapa yang familiar dengan nama brand tersebut? Dea Valencia merupakan orang dibalik suksesnya Batik Kultur, di mana ia memulai usahanya saat masih berusia 19 tahun.

Gadis satu ini memutuskan untuk membuka usaha fashion di kota Semarang dan kini nama produknya kian melambung di mata masyarakat.

Dea mendesain batik dengan ide-ide yang inovatif, membuat pakaian yang menjadi ciri khas Indonesia itu semakin menarik. Berkat usahanya yang tak pantang menyerah, Dea berhasil meraih omzet ratusan juta per bulan dari bisnis fashion yang ia kerjakan.

2. Hendy Setiono

Hendy Setiono juga menjadi salah satu pengusaha muda sukses yang merintis bisnis di bidang kuliner. Nama brand-nya sudah terkenal ke seluruh Indonesia bahkan sudah membuka cabang di luar negeri.

Dulunya pemilik Kebab Baba Rafi ini membuka usaha dengan modal yang sangat minim yakni sekitar 4 jutaan, kemudian berkembang pesat hingga kini memiliki outlet di mana-mana.

Hendy diketahui mengembangkan bisnis dengan cara franchise, yang membuatnya dikenal dan diburu oleh banyak orang untuk ikut menjadi mitra.

Adapun total outlet yang pria ini miliki sudah lebih dari 1300-an dan tersebar di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, China dan banyak lagi lainnya.

3. Ali Muharam

AlI Muharam Pengusaha Muda sukses lewat Makaroni Ngehe

Nama produk Makaroni Ngehe mungkin tak asing di telinga kamu, dan dibalik kesuksesan Makaroni Ngehe ada Ali Muharam yang merupakan seorang pemuda dari Tasikmalaya.

Berkat usaha yang dilakukan oleh pria ini, ia produknya kini bisa dikenal masyarakat luas dan dijadikan sebagai salah satu camilan paling favorit.

Dulunya ia pernah bekerja di kantin yang ada pada sebuah bank di Jakarta, kemudian ia juga pernah menjadi seorang office boy di kota Bogor.

Karena tekadnya yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha, Ali lantas meminjam modal sebesar 20 juga kepada temannya.

Ia kemudian berjualan makaroni pedas dengan menggunakan gerobak dan setelah kurang lebih 8 bulan, ia bisa mencicipi hasil dari usahanya. Bahkan Ali pun pernah mencicipi omzet besar sekitar 3 miliar dari usaha yang ia jalani saat ini.

4. Angky Wiliam

Angky Wiliam Pendiri Stoqo

Pernah dengar aplikasi bernama Stoqo? Nah, dibalik aplikasi tersebut ada Angky Wiliam, di mana ia merupakan Co-Founder dari aplikasi satu ini.

Stoqo menyediakan berbagai kebutuhan pokok seperti daging, sembako hingga sayur. Dulunya pria ini pernah bekerja di Amazon, akan tetapi memilih pergi dan merintis usahanya sendiri.

Jika melihat di Play Store, Stoqo sendiri telah diunduh puluhan ribu orang di mana menjadikannya sukses hingga saat ini.

Dari kisah ini mungkin ada makna yang dapat kamu ambil, di mana tidak peduli sehebat apapun bekerja di bawah orang lain, akan lebih nyaman jika membuka usaha sendiri dan menikmati hasilnya di masa depan.

5. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya Pengusaha muda sukses membangun Tokopedia

Mendengar namanya mungkin kamu tidak asing, karena William Tanuwijaya adalah sosok dibalik sukses dan populernya aplikasi Tokopedia.

Aplikasi untuk belanja online ini memang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan jumlah unduhannya pun sudah mencapai jutaan lebih.

William mendirikan Tokopedia sejak tahun 2007, di mana kemudian berhasil membawa nama aplikasi tersebut melambung dan menjadi salah satu perusahaan start up unicorn yang ada di Indonesia.

Tentu saja, usaha Wiliam membesarkan Tokopedia tidaklah mudah, karena ada beberapa rintangan yang menghalanginya.

Mulai dari bekerjan hingga 2 tahun tanpa pemasukan, hingga beratnya mencari investor.

Tapi kemudian berkat kegigihan anak muda satu ini, Tokopedia telah menjadi aplikasi belanja online yang disukai oleh orang-orang di Indonesia. Bahkan saat ini telah berubah menjadi unicorn.

6. James Prananto

James Pranoto

Bisnis minuman kopi susu kekinian memang sedang menjamur, dan salah satunya yang paling populer ialah Kopi Kenangan.

James Prananto menjadi salah satu orang dibalik kesuksesan Kopi Kenangan, di mana dengan nama produknya yang unik ini menarik perhatian masyarakat luas khususnya para kawula muda.

James tidak sendirian menjalankan Kopi Kenangan, akan tetapi ada dua sosok lainnya yakni Chyntia Chaerunnisa dan juga Edward Tirtanata.

Cita rasa khas dari Kopi Kenangan membawa produk ini semakin berkembang dan sekarang telah ada kurang lebih 80-an lebih gerai kopi di Indonesia.

Bisnis yang dijalankan oleh James, saat ini sudah banyak yang mengikuti. Seperti kita tahu, banyak sekali Franchise minuman yang bermunculan di Indonesia.

7. Reza Nurhilman

Reza Nurhilman Pengusaha Muda Sukses

Mungkin kamu sering mendengar nama camilan kekinian yaitu Maicih, tapi masih belum tahu sosok dibalik kesuksesan makanan satu ini.

Reza Nurhilman merupakan orang yang membawa produk Maicih sampai terkenal seperti sekarang ini. Dikarenakan kreasi kripiknya yang menarik dan sesuai dengan lidah orang Indonesia, Maicih menjadi produk makanan yang paling banyak dicari.

8. Belva Devara

Pengusaha Muda Sukses Belva Delvara
Sumber: Masterkinerja.asia

Nama Belva Devara sangat identik dengan Ruangguru, aplikasi yang sudah sering membantu anak Indonesia mempelajari berbagai macam materi di sekolahan.

Belva merintis usahanya sendiri dan berhasil menjadi Co-Founder sekaligus CEO dari Ruangguru.

Saking menginspirasinya, bahkan ia juga pernah masuk dalam Forbes 30 under 30 Asia yang diselenggarakan oleh Forbes Magazine. Sejak kecil, ia sudah ditanamkan dengan mindset bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting.

Sehingga ini mendorong Belva untuk membuat aplikasi yang memudahkan anak-anak di seluruh Indonesia belajar dan memahami materi di sekolah dengan teknik yang sederhana.

9. M. Alfatih Timur

Pengusaha muda sukses lewat kita bisa

Siapa sangka jika CEO sekaligus Co-Founder dari Kitabisa.com ternyata masih sangat muda. Kitabisa.com sendiri merupakan aplikasi atau situs tempat pengumpulan dana online yang banyak digunakan oleh masyarakat, maupun kalangan artis juga.

Karena usahanya yang peduli terhadap sesama, Alfatih kemudian pernah dianugerahi sebagai Forbes 30 under 30 tingkat Asia under dalam kategori wirausaha sosial. Ia dikenal sebagai sosok yang cupu saat di sekolah dulu, tapi itu pun tak memadamkan semangat dan membuat ia menyerah dengan mimpinya.

10. Valentina Meiliyana

Pengusaha wanita muda sukses
Sumber:Kumparan

Valentina menjadi salah satu pengusaha muda yang sukses di Indonesia, dimana dulunya ia hanya coba-coba saja menjual berbagai produk kecantikan di platform Kaskus.

Tapi tentunya ia tidak menyangka jika hal itu akan menjadikannya sesukses saat ini, dengan omzet yang sama sekali tidak main-main.

Ia kini telah mempunyai brand sepatu sendiri dan mampu meraih omset ratusan juta per bulan.

Diketahui bahwa jalan Valentina Meiliyana sama sekali tidak mulus dan ia pernah mengalami stres berat saat usianya 18 tahun. Pernah rugi 100 Juta diawal perjalanan bisnisnya, hingga kemudian bangkit dan menemukan semangatnya.

Dari daftar pengusaha muda sukses di atas tentunya kita belajar bahwa dengan semangat dan pantang menyerah, maka bukan tidak mungkin di kemudian hari kita akan menuai hasil yang memuaskan.

Siap menjadi pengusaha muda sukses selanjutnya? Mulailah dari menghilangkan rasa malas.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar