10 Penyebab Gagalnya Seorang Pelaku Bisnis dalam Menjalankan Usaha

Rata-rata hampir sebagian besar faktor penyebab gagalnya seorang pelaku bisnis dalam menjalankan usaha dipengaruhi oleh beberapa hal. Namun, hal itu tidak semua dialami oleh para pebisnis karena pada faktanya mereka mampu menjalankan usaha dengan strategi bisnis yang tepat.

Adapun hal ini bisa Anda lihat dari banyaknya pengusaha pemula yang mampu mengembangkan usaha mereka di pasaran hingga sukses dikenal oleh konsumen.

Oleh karena itu, Anda yang mungkin tertarik atau bahkan berkeinginan untuk membuka usaha di bidang tertentu. Ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang umumnya menjadi penyebab gagalnya usaha yang dijalankan di pasaran.

Hal ini penting dilakukan untuk menjadi motivasi dalam membangun usaha agar sukses ke depannya.

Sebenarnya Apa Sih Kegagalan dalam Sebuah Usaha?

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu pernah atau bahkan sering mendengar istilah mengenai kegagalan adalah sebauh kesuksesan yang tertunda, bukan?

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Hal ini sama halnya dengan kegagalan usaha yang menjadi motivasi para pelaku usaha untuk bisa bangkit dari kegagalan dan mampu merintis usaha di pasaran untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Nah, kegagalan usaha sendiri merupakan suatu kondisi usaha yang mengalami kemunduran atau tidak adanya kemajuan di pasaran.

Hal ini lantaran kurangnya pelaku usaha dalam memperhatikan beberapa aspek penting dalam sebuah usaha yang dibangun.

Apa Saja Penyebab Pelaku Bisnis Gagal dalam Menjalankan Usahanya?

Adapun penyebab kegagalan usaha ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar perusahaan. Sehingga, pelaku usaha perlu untuk mencari solusi atau jalan keluar agar usaha bisa tetap dan terus berjalan.

Meskipun kegagalan usaha menjadi hal yang lumrah terjadi bagi para pelaku usaha yang masih pemula, namun dengan mempelajari faktor kegagalan usaha bisa menjadi hal penting bagi pengusaha.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pencari Jodoh Terbaik Disekitar Kita

Sebab, hal ini mampu membuat pelaku usaha bisa lebih siap dan mengerti mengenai apa saja tantangan dan risiko yang akan di hadapi usaha di masa depan nanti.

1. Memiliki Perencanaan Bisnis yang Kurang Matang

Salah satu faktor penyebab gagalnya usaha yang dijalankan oleh pelaku bisnis yakni karena kurang matangnya dalam hal merencanakan bisnis di pasaran.

Padahal dalam membangun perencanaan bisnis ini tidak perlu harus yang sempurna, sebab Anda perlu membuat perencanaan yang tepat dan mampu dipikirkan secara matang.

Dengan melakukan perencanaan yang matang ini, maka Anda nantinya akan lebih mudah dalam menentukan bagaimana sebuah bisnis bisa mencapai tujuannya.

2. Tidak Berani Mengambil Risiko

Rata-rata hampir sebagian besar kegiatan mempunyai yang namanya risiko, termasuk dalam kegiatan usaha yang dijalankan.

Nah, salah satu faktor penyebab kegagalan sebuah usaha yang dijalankan para pelaku bisnis yakni karena tidak berani mengambil risiko dalam menghadapi persaingan, risiko dalam menghadapi permasalahan keuangan dan berbagai risiko lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa seorang pelaku usaha hotelier perlu untuk mmeiliki mental yang berani mengambil risiko agar sukses di masa mendatang.

3. Takut Mencoba Hal-hal Baru

Dalam menjalankan sebuah usaha, seorang pelaku bisnis perlu untuk mencoba hal-hal baru agar memperoleh inovasi demi mengembangkan bisnisnya di pasaran.

Akan tetapi, tak sedikit para pelaku usaha yang justru merasa takut mencoba hal-hal baru karena berpikiran merasa nyaman dengan zona yang dialaminya sekarang.

Nah, pemikiran yang seperti inilah yang justru akan membuat usaha akan terasa sulit untuk berkembang dan mencapai kesuksesan di pasaran nanti.

 4. Sering Mengeluh dan Mudah Menyerah

Anda perlu tahu tahu bahwa kesuksesan sebuah usaha tidak terlepas dari kegagalan yang pernah dialaminya dahulu.

Akan tetapi, banyak sekali orang / pelaku usaha yang justru sering mengeluh dan mudah menyerah ketika kegagalan usaha datang tiba-tiba.

Padahal, hal ini bisa menjadi motivasi terbaik untuk bisa bangkit dari kegagalan usaha yang dijalankan dengan cara selalu berinovasi dan terus berusaha demi mengembangkan usaha tersebut.

5. Memiliki Sikap yang Teralu Terburu-buru

Idealnya, sebuah usaha dapat dikatakan sukses jika dilakukan dengan cara yang konsisten dan terus menerus.

Namun, tak sedikit pula para pelaku usaha yang justru terlalu berambisi untuk sukses hingga nekat menjalankan usaha dengan terburu-buru yang berakibat pada kegagalan usaha.

Dalam hal ini, pelaku bisnis yang memiliki sikap demikian justru akan sulit dalam memikirkan mengenai perencanaan bisnis yang matang untuk bisa meraih kesuksesan usaha di masa depan.

Baca Juga: 9 Strategi Ampuh Pemasaran Online Shop Untuk Mendongkrak Penjualan

6. Memiliki Sikap yang Kurang Percaya Diri

Faktor penyebab kegagalan usaha yang umumnya dialami oleh para pelaku bisnis yakni kurangnya sikap percaya diri dari dalam diri pebisnis.

Adanya rasa kurang percaya diri ini justru akan berdampak buruk pada usaha yang dijalankan.

Karena nantinya akan mengakibatkan rasa takut dalam mengambil sebuah keputusan hingga mudah menyerah ketika mengalami kegagalan usaha.

Selain itu, kegagalan usaha juga akan membuat pelaku bisnis melewatkan peluang kesempatan yang datang ke depannya.

7. Tidak Memiliki Pengalaman dalam Bidang Usaha

Efnel pelaku bisnis pemula, pengalaman dalam menjalankan usaha memang terbilang minim hingga tak heran jika sering mengalami yang namanya kegagalan usaha.

Akan tetapi, kurangnya pengalaman dalam menjalankan bisnis umumnya bisa terus diasah agar nantinya bisa berdampak pada kesuksesan usaha yang dicapai.

Oleh karena itu, pelaku bisnis pemula jangan khawatir jika tidak memiliki pengalaman di dalam usaha yang dijalankan agar nantinya bisa mencapai tujuan dari usaha tersebut.

8. Memiliki Sistem Pengelolaan Usaha yang Buruk

Bisa dikatakan bahwa dalam menjalankan sebuah usaha di pasaran terbilang tidak mudah dilakukan oleh para pelaku bisnis, utamanya bagi yang masih pemula.

Kurangnya kemampuan dalam hal mengelola usaha ini bisa mengakibatkan kegagalan usaha yang mengalami kerugian tinggi.

Maka dari itu, perlu untuk mengasah kemampuan dalam mengelola setiap usaha yang dijalankan secara teliti agar terhindari dari yang namanya kegagalan usaha.

9. Kemampuan Pengelolaan Keuangan yang Gagal

Pelaku bisnis yang gagal dalam mengelola keuangan usaha memang bisa berakibat fatal pada kegagalan usaha yang dijalankan.

Gagalnya dalam hal pengelolaan uang dengan baik ini jika tidak diatasi sejak dini justru akan berdampak pada usaha yang nantinya mengalami kebangkrutan sejak dini.

Sehingga, para pelaku bisnis perlu yang namanya memperhitungkan pengolaan keuangan dengan baik dan matang agar terhindar dari yang namanya kerugian hingga kebangkrutan di masa depan.

10. Lokasi Tempat Usaha yang Kurang Tepat

Banyak sekali usaha yang dikatakan gagal berkembang atau bahkan sukses di pasaran karena adanya faktor pemilihan lokasi tempat usaha yang kurang tepat.

Padahal, pemilihan usaha ini menjadi salah satu pokok / perencanaan usaha penting yang harus dipikirkan secara matang oleh para pelaku bisnis agar mudah mendapatkan calon konsumen.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus tanpa adanya perubahan, maka bukan tidak mungkin bahwa usaha yang dijalankan semakin hari akan sepi pengunjung dan mengalami kebangkrutan.

Itulah definisi penting mengenai kegagalan usaha dan berbagai macam faktor penyebab gagalnya seorang pelaku bisnis dalam menjalankan usaha untuk menjadi motivasi membangun usaha yang lebih baik ke depannya.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar