Platform Blogging Terbaik Gratis untuk Menghasilkan Uang

Pada artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana cara memilih platform blogging terbaik dan gratis yang ideal untuk kebutuhan anda.

Memilih platform blog sangat lah penting, karena hal ini berkaitan dengan tujuan dan goal anda membuat blog kedepan.

Pada umumnya ada beberapa alasan mengapa orang membuat blog, antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk personal branding
  2. Sebagai media berbisnis
  3. Untuk menghasilkan uang dari menulis konten
  4. Punya Banyak pengunjung/Pembaca

Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu anda harus menyiapkan tempat (paltfrom blog) yang terbaik. Agar masalah teknis dapat di minimalisir.

Untuk memilih paltform blog terbaik, saya sendiri indikator, seperti dibawah ini:

  1. Loading blog yang cepat – Harus bisa dilakukan secara mandiri tanpa coding.
  2. Tampilan yang indah dan menarik – Membuat tampilan visual yang indah tanpa coding.
  3. Tetap bagus ketika dibuka di mobile phone (Responsive)
  4. Punya banyak komunitas – Apabila bertemu masalah, saya punya tempat bertanya.

Memang di luaran sana banyak sekali platform blogging yang bisa anda gunakan. Namun tidak semuanya akan cocok dengan kemampuan yang kita miliki.

Kabar baiknya, saya sudah merangkumnya menjadi beberapa platform terbaik yang bisa anda gunakan secara gratis. Tidak hanya itu, anda juga akan mengetahui mana yang paling cocok untuk blog yang anda kelola.

Simak keterangan selengkapnya di bawah ini.

Platform Blogging Terbaik

Konten dalam artikel ini:

  • Cara Memilih Platform Blogging
  • WordPress
  • Blogger
  • Tumblr

Cara Memilih Platform Blogging

Saat ini ada banyak platform blogging yang bisa anda gunakan.

Seperti: Wix, Weebly, Blogger, WordPress, Tumblr dan Squarespace.

Apakah anda perlu mencobanya satu persatu?

Tentu tidak, anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencobanya satu persatu. Saya sudah menyiapkan tabel perbandingan dari semua platform blogging yang paling populer saat ini.

Simak selengkapnya pada tabel perbandingan di bawah ini.

Tebel perbandingan platform blogging

Dari hasil data perbandingan di atas, anda dapat mengetahui bahwa hampir semua platform blogging yang ada dapat anda gunakan secara gratis.

Namun hanya 3 yang benar-benar bisa anda gunakan secara gratis. Yaitu: WordPress, Blogger, dan Tumblr.

Sehingga, apa yang perlu saya bahas dengan detail hanya ke3 platform gratis tersebut.

WordPress

Seberapa hebat si WordPress ini? sebagai indormasi, banyak website-website besar dunia websitenya dibangung menggunakan wordpress.

Contoh: Mercedes & CNN

cnn dan mercedes menggunakan platform terbaik blogging gratis

Kira-kira apa alasan mereka menggunakan wordpress?

  • Dengan wordpress, anda akan sangat mudah mempublish konten yang sesuai dengan kaidah SEO.
  • Sudah terintegrasi dengan search engine seperti google, bing, yandex,dll.
  • WordPress menawarkan kemudahan bagi anda yang masih awam atau tanpa kemampuan coding dan teknik SEO untuk bisa menjadi blogger yang sukses.

Di wordpress anda bisa menemukan berbagai macam tema (template) modern dan indah, yang bisa anda gunakan secara gratis.

Tidak cuma gratis, malah anda bisa mengkustomnya secara full, baik dari segi penampilan, loading speed tanpa perlu kemampuan teknis.

Hal inilah yang membuat wordpress lebih saya sukai ketimbang platform blogging lainnya. Fleksibel, ramah pengguna baru, dioptimalkan untuk search engine dan tentunya free.

WordPress sendiri memiliki dua platform, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Apa perbedaan keduanya?…

WordPress.com adalah platform blogging yang semua sumber dayanya di sediakan oleh pihak WordPress. Sedangkan WordPress.org adalah platform blogging yang sumber dayanya disediakan secara mandiri oleh pengguna.

Untuk lebih mudah memahaminya anda dapat membaca perbandingan antara keduanya dibawah ini.

WordPress.com vs WordPress.org

Perbedaan mendasar dari keduanya dapat dibedakan menjadi 4 hal dibawah ini:

  • Hosting
  • Domain
  • Kustomisasi Tema
  • Kemampuan Monetisasi

WordPress.com

Dengan wordpress.com anda tidak perlu menyediakan hosting, karena sudah disediakan oleh pihak wordpress. Artinya semua data dan file blog anda disimpan di server milik wordpress.

Bagi anda yang belum paham mengenai hosting itu apa, silahkan baca referensi berikut: Pengertian hosting dan Cara Kerjanya.

Untuk nama domain, anda juga diberikan oleh wordpress secara cuma-cuma. Tapi sayangnya yang diberikan adalah subdomain dari wordpress.com.

Konsekuensi dari subdomain adalah adanya embel-embel wordpress di belakang nama domain anda. Misalnya erinatraveller.wordpress.com.

Ditinjau dari segi tema atau tampilan, anda akan kesulitan untuk memiliki tampilan blog yang indah dan modern. Karena tema gratis yang disediakan kurang menarik dan perlu kemampuan teknis untuk kostomisasi.

Yang paling penting adalah kemampuan monetisasi. Menghasilkan uang dari penanyangan iklan (katakanlah google adsense) adalah hal yang mustahil meskipun pengunjung blog anda banyak. Ya karena memang tidak di izinkan oleh pihak wordpress.com.

Jadi, menurut saya, kalau tujuan anda sekedar ingin berekspresi dengan menulis, menggunakan platform blogging wordpress.com sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi hobi anda.

WordPress.org

Jika tujuan anda adalah untuk menghasilkan uang dari blog, menjadikan blog media personal branding, dan menjadikan blog anda sebagai blog bisnis di kemudian hari,  maka pilihannya adalah wordpress.org.

Di wordpress.org anda memang harus membeli layanan hosting sendiri untuk blog anda, saat ini lebih dikenal dengan self hosted.

Namun harganya sangat terjangkau, hanya berkisar Rp.250.000 – Rp. 600.000 pertahun (sudah termasuk top level domain). Apabila di bagi perbulan, anda hanya butuh biaya Rp. 20.000 perbulan, murah sekali kan?

Anda dapat mengecek harga hosting di penyedia hosting ternama di Indonesia Niagahoster.com. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu berkisar 10 ribu – 26 ribu perbulan.

Untuk domain anda bisa menggunakan top level domain tanpa embel-embel apapun, seperti blog ini: idblogging.com. Silahkan cek sendiri domain yang ingin anda miliki:

platform terbaik blogging: cek ketersediaan domain
Cek Domain di Niagahoster

Dengan self hosted, anda akan benar-benar mendapat kebebasan untuk membuat blog anda seperti apa dan diperuntukkan untuk apa.

Anda bisa meletakkan link referal (afiliasi), banner iklan google adsense, menjual produk anda (sekarang di sebut online shop). Cara apapun yang anda inginkan untuk menghasilkan uang bisa dilakukan di wordpress.org.

Jadi apabila anda ingin menghasilkan uang lebih mudah dengan blogging, solusinya adalah menggunakan self hosted.

Kembali ke kutomisasi tema dan tampilan, dengan wordpress.org anda akan mudah menemukan ribuan tema yang indah, modern dan gratis.

Walaupun wordpress.org dinilai lebih unggul, tetap saja ada perbedaan pendapat antar komunitas pengguna.

Pro
  • Fleksibilitas. Di WordPress.org anda tidak hanya bisa membuat blog, tetapi bisa juga dibuat untuk website jualan online dan website perusahaan.
  • Biaya. Biaya yang akan anda keluarkan hanya untuk biaya hosting dan domain, itupun sangat murah perbulan hanya berkisar Rp. 20.000.
  • Open Source. WordPress adalah salah satu website atau blog builder yang menyandang predikat open source. Jadi semuanya anda bisa lakukan disana. Tampilan, plugin, iklan dan berbagai macamnya boleh dilakukan.
Kontra
  • Hosting. Untuk mendapatkan hak free custom tentu saja anda harus menggunakan hosting sendiri. Bagi sebagian orang yang beranggapan untuk sukses adalah tanpa modal.
  • Coding. Untuk melakukan kustomisasi tampilan tentunya anda memerlukan kemampuan koding, tapi kenyataannya anda tidak perlu kemampuan koding sama sekali. Tema, plugin, semuanya bisa anda kustom dengan drag & drop.

Blogger.com

Blogger.com adalah salah satu platform blogging yang pertamakali meramaikan dunia blogging di internet. Sebelumnya blogger.com lebih dikenal dengan blogspot.com. Setelah di akusisi uleh Google sekarang mereka berganti menjadi blogger.com hingga sekarang.

Platform blogging terbaik gratis yang satu ini masih sangat baik digunakan dan mudah sekali untuk konfigurasinya. Anda tinggal buka blogger.com dan mendaftarkan diri, kemudian memilih tema. Seketika itu juga anda siap menerbitkan konten pertama anda.

Apabila anda tertarik mengetahui lebih banyak mengenai platform blogger.com anda bisa membaca artikel saya sebelumnya mengenai: Keunggulan blogging dengan blogger.com

Secara singkatnya saya akan tuliskan poin plus dan poin kurangnya dari platform blogging terbaik gratis yang satu ini:

Poin Plus
  • Stabilitas. Ya stabilitas server atau hosting, karena server yang digunakan adalah server google.
  • Monetisasi. Menghasilkan uang lewat blog menggunakan platform blogger.com sangatlah mudah karena terintegrasi dengan google adsense. Anda bisa membaca pengalaman saya ketika mendaftar google adsense di platfom blogger.
  • Mudah Digunakan. Platform blogger.com memanglah sangat mudah digunakan, bahkan oleh orang yang baru mau coba-coba membuat blog sekalipun.
Poin Min (Fakta)
  • Susah Untuk Kustomisasi. Anda perlu paham kemampuan coding untuk bisa custom tampilan blog anda, apabila menggunakan blogger.
  • Tidak bisa digunakan untuk online shop. Dikemudian hari ketika anda memutuskan untuk menjadikan blog anda sebagai blog bisnis, hal ini sangat lah tidak mungkin dilakukan.
  • Kurangnya support. Support dari komunitas blogger semakin hari semakin kecil, karena memang kemampuannya untuk di kembangkan sangat susah. Terlebih blogger tidak menerima update lagi dari developernya semenjak 2018.
  • Tidak adanya tools SEO yang membantu untuk bersaing dengan blogger lainnya.
Perlu di garis bawahi:

Apabila tujuan anda membuat blog menggunakan platform blogger.com adalah untuk menghasilkan uang dari Google Adsense, maka yang satu ini adalah platform paling cocok untuk anda (lihat list ke 2 di poin plus keterangan di atas).

Tumblr.com

Platform blogging terbaik gratis selanjutnya adalah tumblr.com. Platform blogging ini dikenal sebagai micro blogging informal. Konten yang di buat menggunakan platform blogging satu ini biasanya lebih panjang dari tweet namun tidak bisa sepanjang konten yang menggunakan platform lainnya.

Sebagian besar konten yang dibuat disini biasanya berbentuk visual seperti: video, slide gambar, atau infografik. Sangat cocok untuk anda yang tidak ingin repot repot memikirkan tampilan blog dan sekedar ingin menyalurkan hobi untuk berbagi ide dan informasi.

Secara sederhana si bisa ditafsirkan lebih mirip dengan sosial media ketimbang sebuah blog ataupun website. Supaya lebih mudah memahaminya saya rangkumkan poin plus dan poin minus dari platform blogging terbaik gratis satu ini.

Poin Plus
  • Mudah untuk memulai menerbitkan konten, dalam hitungan 5 menit anda langsung bisa menerbitkan sebuah konten
  • Multiple Blog Management, anda bisa mengatur banyak blog sekaligus dengan satu pengaturan.
  • Tema blog yang banyak. Tumblr menyediakan ribuan tema yang cantik dan elegant yang anda bisa pilih sesuai topik blog anda
  • Mobile friendly. Platform blogging satu ini mendukung penuh penggunaan mobile untuk membuat dan menerbitkan sebuah konten.
Poin Minus
  • Kurangnya optimasi cache, yang menyebabkan loading yang sangat lambat. Siapa sih sekarang yang mau menunggu loading website yang lambat.
  • Non Optomize Text. Apabila anda ingin mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian berdasarkan konten artikel, hal ini akan sulit dilakukan. Karena penulisan artikel saat ini harus mengikuti kaidah SEO.
Perlu dicatat:

Apabila tujuan anda untuk menjadi professional blogger, platform satu ini tidaklah disarankan, namun kalau untuk sekedar sharing hobi, ide dan informasi, ini lebih dari cukup.

Platform Blogging Terbaik

Akhirnya setelah membandingkan antara ketiga platform blogging terbaik yaitu wordpress, blogger, dan tumblr anda setidaknya tahu memilih yang mana untuk kebutuhan anda.

Banyak alasan mengapa saya sangat merekomendasikan wordpress.org untuk anda jadikan platform blogging.

Anda juga bisa membaca referensi berikut ini, untuk membuat blog (wordpress.org) untuk pemula.

Blogger dan Tumblr memang sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan biaya sedikitpun, namun mereka tidak mudah untuk di kustom dan susah untuk dikembangkan di kemudian hari.

So pilihlah dengan bijak ya…

Share:

Tinggalkan komentar