Menu Close

Platform Blogging Terbaik Gratis Terbaru

Menentukan platform blogging terbaik untuk blog terbaru

Pada artikel kali ini, saya ingin membagikan bagaimana memilih platform blogging terbaik dan gratis yang ideal untuk anda, karena kedepannya anda akan terus menggunakan platform ini untuk aktivitas blogging anda. Karena biarpun kelihatannya sepele, namun efeknya akan besar ketika traffic blog anda sudah besar.

Di luaran sana banyak sekali platform blogging yang bisa anda gunakan, namun saya mencoba merangkumnya menjadi beberapa platform yang bisa anda gunakan secara gratis.

Platform gratis pun tidak bisa anda pilih sembarangan, karena pada dasarnya semua memiliki keunggulan dan kelemahan, dari sudut pandang kustomisasi dan keunggulan dalam hal monetiasasi, blog yang menggunakan self hosted tentu akan lebih unggul.

Namun jangan terlalu cepat menilai, sebelum anda melihat faktanya dengan tabel perbandingan yang akan saya tampilkan di bawah ini nantinya.

Platform Blogging Terbaik

Konten dalam artikel ini:

  • Cara Memilih Platform Blogging
  • WordPress
  • Blogger
  • Tumblr

Cara Memilih Platform Blogging

Berikut ini adalah tabel perbandingan dari beberapa platform blogging terbaik gratis yang bisa anda gunakan, lengkap dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Agar lebih lengkap, saya tambahkan beberapa platform blogging yang gratis namun untuk menampilkan fitur premiumnya harus berbayar. Seperti Wix, Weebly, dan Squarespace. Sehingga diharapkan anda dapat menilai dan menentukan mana yang paling cocok untuk anda jadikan platform blogging.

Tebel perbandingan platform blogging


WordPress.com

Seberapa hebat si WordPress ini? kalau anda sadari banyak website-website besar dunia menggunakan wordpress sebagai platform website buildernya. Contoh: Mercedes & CNN

cnn dan mercedes menggunakan platform terbaik blogging gratis

Kira-kira apa alasan mereka menggunakan wordpress? Dengan wordpress, mempublish konten sangatlah mudah, dan sudah terintegrasi dengan search engine seperti google, bing, yandex,dll. Atau singkatnya wordpress sudah search engine friendly.

WordPress menawarkan kemudahan bagi anda yang masih awam atau tanpa kemampuan coding untuk bisa berkembang mejadi blogger besar, karena di wordpress anda bisa menemukan berbagai macam tema yang bisa anda gunakan secara gratis. Bahkan anda bisa mengkustomnya secara full.

Hal inilah yang membuat wordpress lebih saya sukai ketimbang platform blogging lainnya. Fleksibel, ramah pengguna baru, di optimalkan untuk search engine dan tentunya free.

Di WordPress.com anda memang bisa membuat blog, membuat postingan, dan semuanya bersifat sederhana. Yang saya kurang setuju adalah, semua konten yang anda buat di wordpress.com tunduk terhadap kebijakan wordpress.com. Karena kita itu di ibaratkan menumpang di servernya wordpress.com. Mau tidak mau ya harus tunduk.

Terlebih lagi, anda tidak bisa memonetisasi blog anda jika anda menggunakan wordpress.com, alasannya ya yang saya sebutkan di atas, sudah kebijakan dari wordpress.com itu sendiri.

Platform blogging wordpress ini, terdapat dua pilihan yaitu wordpress.com (tidak saya rekomendasikan) dan yang saya gunakan saat ini yaitu wordpress.org (sangat saya rekomendasikan). Ingin tahu perbedaannya mari baca sekilas perbedaan keduanya.

WordPress.com vs WordPress.org

Jika tujuan anda adalah untuk menghasilkan uang dari blog, menjadi freelance yang mempublish portofolio di website dan kedepan ingin menjadikan blog anda sebagai blog bisnis maka pilihannya adalah wordpress.org. Di wordpress.org anda memang harus membeli hosting sendiri untuk blog anda. Namun itulah letak perbedaan yang mendasar diantara keduanya.

keunggulan membuat blog dengan platform blogging wordpress.org

Dengan self hosted, anda akan benar benar mendapat kebebasan untuk membuat blog anda seperti apa dan diperuntukkan untuk apa. Anda bisa meletakkan link referal (afiliasi), banner iklan, menjual produk anda (sekarang di sebut online shop) dan cara apapun yang anda inginkan untuk menghasilkan uang bisa dilakukan di wordpress.org.

Apabila anda ingin menghasilkan uang lebih mudah dengan blogging, solusinya adalah menggunakan self hosted. Saya merekomendasikan penyedia hosting di Indonesia yang pamornya sudah tidak diragukan lagi, anda bisa mencoba membeli hosting di niagahoster.com. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu berkisar 10 ribu – 26 ribu perbulan.

Anda bisa mendapatkan tambahan diskon hingga 75% apabila anda membeli paket personal niagahoster.com, dimana anda akan mendapatkan domain gratis, ssl, subdomain, dan juga anda akan diberikan pelayanan konsultasi yang sangat ramah dan fast response. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai apapun yang ingin anda tanyakan.

Kembali ke topik, untuk lebih mudahnya saya rangkum apa saja poin plus yang apabila anda menggunakan wordpress.org. Dan apa saja yang menjadi poin minusnya dari wordpress.org ini.

Poin Plus
  • Fleksibilitas. Di WordPress.org anda bisa membuat sebuah website untuk online shop modern, bukan hanya tentang blog pribadi. Sekali lagi saya katakan anda bisa membuat website untuk bisnis dengan wordpress.org, itulah mengapa fleksibel adalah poin penting platform blogging terbaik.
  • Biaya. Biaya yang akan anda keluarkan hanya untuk biaya hosting dan domain, itupun sangat murah perbulan tidak sampai 50 ribu rupiah.
  • Open Source. WordPress adalah salah satu website atau blog builder yang menyandang predikat open source. Jadi semuanya anda bisa lakukan disana. Tampilan, plugin, iklan dan berbagai macamnya.
Poin Minusnya (Mitos)
  • Hosting. Untuk mendapatkan hak free custom tentu saja anda harus menggunakan hosting sendiri. Artinya anda harus bayar di awal, ya memang harus di akui tidak ada yang gratis 100%, namun jika penghasilan anda dari blog sangat besar. Biaya hosting ini adalah hal sepele!
  • Coding. Untuk melakukan kustomisasi tampilan tentunya anda memerlukan kemampuan koding, tapi kenyataannya anda tidak perlu kemampuan koding sama sekali. Tema, plugin, semuanya bisa anda kustom dengan drag & drop.

Blogger.com

Blogger.com adalah salah satu platform blogging yang pertamakali meramaikan dunia blogging di internet. Sebelumnya blogger.com lebih dikenal dengan blogspot.com. Setelah di akusisi uleh Google sekarang mereka berganti menjadi blogger.com hingga sekarang.

Platform blogging terbaik gratis yang satu ini masih sangat baik digunakan dan mudah sekali untuk konfigurasinya. Anda tinggal buka blogger.com dan mendaftarkan diri, kemudian memilih tema. Seketika itu juga anda siap menerbitkan konten pertama anda.

Apabila anda tertarik mengetahui lebih banyak mengenai platform blogger.com anda bisa membaca artikel saya sebelumnya mengenai:

Keunggulan blogging dengan blogger.com

Secara singkatnya saya akan tuliskan poin plus dan poin kurangnya dari platform blogging terbaik gratis yang satu ini:

Poin Plus
  • Stabilitas. Ya stabilitas server atau hosting, karena server yang digunakan adalah server google.
  • Monetisasi. Menghasilkan uang lewat blog menggunakan platform blogger.com sangatlah mudah karena terintegrasi dengan google adsense. Anda bisa membaca pengalaman saya ketika mendaftar google adsense di platfom blogger.
  • Mudah Digunakan. Platform blogger.com memanglah sangat mudah digunakan, bahkan oleh orang yang baru mau coba-coba membuat blog sekalipun.
Poin Min (Fakta)
  • Susah Untuk Kustomisasi. Anda perlu paham kemampuan coding untuk bisa custom tampilan blog anda, apabila menggunakan blogger.
  • Tidak bisa digunakan untuk online shop. Dikemudian hari ketika anda memutuskan untuk menjadikan blog anda sebagai blog bisnis, hal ini sangat lah tidak mungkin dilakukan.
  • Kurangnya support. Support dari komunitas blogger semakin hari semakin kecil, karena memang kemampuannya untuk di kembangkan sangat susah. Terlebih blogger tidak menerima update lagi dari developernya semenjak 2018.
Perlu di garis bawahi:

Apabila tujuan anda membuat blog adalah hanya untuk berbagi pengalaman, tulisan, ide yang ringan tanpa mengarah ke bisnis nantinya, platform ini adalah yang saya rekomendasikan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menjadi blogger menggunakan platform blogging yang satu ini.


Tumblr.com

Platform blogging terbaik gratis selanjutnya adalah tumblr.com. Platform blogging ini dikenal sebagai micro blogging informal. Konten yang di buat menggunakan platform blogging satu ini biasanya lebih panjang dari tweet namun tidak bisa sepanjang konten yang menggunakan platform lainnya.

Sebagian besar konten yang dibuat disini biasanya berbentuk visual seperti: video, slide gambar, atau infografik. Sangat cocok untuk anda yang tidak ingin repot repot memikirkan tampilan blog dan sekedar ingin menyalurkan hobi untuk berbagi ide dan informasi.

Secara sederhana si bisa ditafsirkan lebih mirip dengan sosial media ketimbang sebuah blog ataupun website. Supaya lebih mudah memahaminya saya rangkumkan poin plus dan poin minus dari platform blogging terbaik gratis satu ini.

Poin Plus
  • Mudah untuk memulai menerbitkan konten, dalam hitungan 5 menit anda langsung bisa menerbitkan sebuah konten
  • Multiple Blog Management, anda bisa mengatur banyak blog sekaligus dengan satu pengaturan.
  • Tema blog yang banyak. Tumblr menyediakan ribuan tema yang cantik dan elegant yang anda bisa pilih sesuai topik blog anda
  • Mobile friendly. Platform blogging satu ini mendukung penuh penggunaan mobile untuk membuat dan menerbitkan sebuah konten.
Poin Minus
  • Kurangnya optimasi cache, yang menyebabkan loading yang sangat lambat. Siapa sih sekarang yang mau menunggu loading website yang lambat.
  • Non Optomize Text. Apabila anda ingin mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian berdasarkan konten artikel, hal ini akan sulit dilakukan. Karena penulisan artikel saat ini harus mengikuti kaidah SEO.
Perlu dicatat:

Apabila tujuan anda untuk menjadi professional blogger, platform satu ini tidaklah disarankan, namun kalau untuk sekedar sharing hobi, ide dan informasi, ini lebih dari cukup.

Platform Blogging Terbaik

Akhirnya setelah membandingkan antara ketiga platform blogging terbaik yaitu wordpress, blogger, dan tumblr anda setidaknya tahu memilih yang mana untuk kebutuhan anda.

Banyak alasan sebetulnya mengapa saya sangat merekomendasikan wordpress.org untuk anda jadikan platform blogging. Blogger dan Tumblr memang sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan biaya sedikitpun, namun mereka tidak mudah untuk di kustom dan susah untuk dikembangkan di kemudian hari.

Apabila anda ingin mempelajari lebih jauh mengenai wordpress, anda juga bisa membaca artikel saya sebelumnya:

Fakta menarik mengenai blog dan wordpress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *