Apa Itu QR Code? Fungsi dan Manfaatnya Bagi Era Digital

Mungkin Anda sering mendengar tentang QR Code. Tapi apakah Anda mengetahui apa itu QR Code? QR code adalah singkatan dari Quick Response Code.

Teknologi canggih ini membuat segala sesuatunya berjalan cepat dan praktiis. Adanya teknologi ini banyak membantu aktivitas digital masyarakat.

Quick Response Code merupakan barcode yang berbentuk dua dimensi yang dapat memberikan informasi secara langsung dan mudah.

QR code adalah perkembangan dari barcode. Cara membuka QR code ini adalah menggunakan mesin scan yang ada di smartphone. Praktis dan simpel.

Baca Juga: Cara Membuat QR Code dengan Excel

Apa Saja Fungsi dari QR Code?

Fungsi QR Code dapat menampilkan teks pada pengguna, membuka URL tertentu, menyimpan kontak ke buku telepon, dan masih banyak lagi. QR code dapat memuat banyak digit dan karakter termasuk tanda baca di dalamnya.

Lantas bagaimana dengan barcode? QR code lebih efektif daripada barcode. Hal ini dikarenakan barcode lebih sedikit dalam menyimpan sebuah data. Keterbatasan tersebut membuat informasi yang ada di dalamnya tak sebanyak QR Code.

Seperti apa sih bentuk QR Code? QR code terbentuk dari titik-titik hitam dengan spasi putih. Bentuknya kotak. Titik-titik hitam tersebut memiliki makna tersendiri. Tentunya QR code satu berbeda dengan QR code yang lainnya.

Titik-titik tersebut nantinya akan dibaca oleh mesin scan yang ada pada handphone Anda. Hanya dalam beberapa detik saja, secara ajaib data di dalamnya akan dapat terbuka.

Data tersebut dapat berupa informasi apa saja, tergantung dari si pembuat QR Code tersebut.

Sebelumnya, informasi seperti apa saja yang dapat disimpan oleh QR Code? Tidak seperti pendahulunya yaitu barcode, yang mana hanya dapat menyimpan informasi berupa digit angka.

Code QR dapat menampilkan alamat website, kartu bisnis, jaringan wireless, geolokasi, dan teks biasa.

Kemunculan QR code ini membuat penggunanya dapat berkomunikasi dengan media yang di scanning melalui ponsel secara efektif dan efisien. Kode QR berfungsi sebagai tautan fisik yang menghubungkan secara cepat konten online dengan dunia nyata.

Jika di dunia maya, Anda akan menemui click here. Maka di dunia nyata, Anda akan menemui Scan Me. Tentunya teknologi ini memberi banyak manfaat untuk penggunanya.

Cara Kerja QR Code

Untuk membaca kode QR, Anda membutuhkan aplikasi QR Code Scanner. Anda dapat men-download aplikasi tersebut di perangkat Android maupun iOS Anda. Tunggu hingga download selesai.

Setelah selesai men-download, jalankan aplikasi tersebut. Arahkan kamera hand mphone Anda ke arah QR code yang ingin Anda baca. Hanya dalam hitungan detik, informasi tersebut akan Anda akses.

Mengenali Bagian-Bagian QR Code

QR Code tidak dibuat dengan sembarangan. QR code memiliki beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian dari QR Code.

1. Positioning Detection Markers

Positioning Markings QR Code
Sumber Gambar QR Code Generator

Bagian ini adalah bagian yang letaknya berada dalam QR code.

Bagian ini berbentuk kotak kecil dan berjumlah 3 buah. Letak dari Positioning detection markers adalah pada bagian pojok.

Fungsi dari bagian ini adalah memastikan mesin scanner dapat membaca kode QR secara tepat.

2. Alignment Markings

Allignment Markings pada QR Code

Bagian ini ukurannya lebih kecil dari positioning detection markers.

Meskipun memiliki bentuk yang sama dengan positioning detection, yaitu kotak, fungsinya berbeda.

Fungsi dari alignment marking adalah menjaga permukaan QR meskipun di print di permukaan yang melengkung.

3. Timing Pattern

Timing Pattern pada QR Code

Timing pattern berbentuk kotak-kotak kecil yang posisinya berjejer.

Pola ini memiliki fungsi untuk konfigurasi data grid. Pola ini juga dapat mengidentifikasi seberapa besar data yang dimuat suatu QR code.

4. Version Information

Version Information pada QR Code

Version Information adalah bagian QR code yang memberi informasi versi QR code.

Sejauh ini terdapat 40 versi informasi QR code yang berbeda. Bagian inilah yang nantinya akan dipindai oleh mesin scanner dan akan memunculan informasi pada perangkat scanner.

5. Format Infomation

Format Information pada QR Code

Bagian ini akan mempermudah mesin pemindai dalam membaca informasi. Format information berfungsi meminimalisir kekeliruan dalam membaca informasi oleh mesin scanner.

6. Data and Error Correction Keys

Data Error pada QR Code

Bagian ini dapat disebut sebagai bagian vital karena informasi tersimpan pada bagian ini.

Apabila terjadi kerusakan pada QR code, bagian ini masih dapat diakses walau infomasi yang terkandung di dalamnya hanya mencapai 30%.

7. Quiet Zone

Quite Zone pada QR Code

Bagian terluar dari QR code disebut dengan quiet zone. Walaupun terlihat sepele dan tidak penting, rupanya bagian ini juga memiliki peran dalam QR code. Quiet zone pada QR code membuat QR code mudah untuk dipindai mesin scanner.

Selain itu, bagian ini juga berperan untuk memisahkan QR code dengan bagian yang tidak dikenali. Keberadaan quiet zone merupakan bagian vital dari QR code itu sendiri.

Manfaat QR Code dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Mempermudah akses informasi

Sering kali informasi yang terlalu banyak membuat penggunanya kesulitan. Kini hanya dengan memasukkannya ke dalam QR code, informasi tersebut menjadi singkat dan mudah untuk diakses. Hanya dengan modal handphone dan mesin scanner QR code, informasi dapat diakses dengan mudah. Waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat.

  • Mempermudah transaksi jual beli

Selain munculnya teknologi uang virtual, kini QR code juga berfungsi untuk mempermudah transaksi jual beli. Hanya dengan memindai QR code, Anda dapat melakukan transfer dengan mudah tanpa perlu ke ATM. Selain itu, dengan menggunakan QR code, Anda tidak akan salah memasukan nominal transer karena transaksi dilakukan secara otomatis.

  • Menyimpan data relasi

Anda dapat memasukkan informasi penting seperti kartu nama dalam QR code. Apabila Anda ingin membagikannya pada rekan Anda, hanya tinggal memberikan QR code yang berisikan data kartu nama Anda. Secara otomatis data tersebut berpindah ke rekan Anda. Sangat praktis, hanya dalam hitungan detik.

  • Penurunan risiko uang palsu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa QR code juga digunakan dalam transaksi jual beli. QR code berfungsi menjadi jembatan pembayaran non tunai. Pembayaran non tunai tentunya membuat penjual maupun pembeli terhindar dari kasus uang palsu karena pembayarannya tanpa menggunakan uang tunai.

  • Terhubung jaringan Wi-Fi

Tahukah Anda bahwa sekarang Anda dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi hanya dengan QR code? Cara praktis ini memudahkan Anda untuk berbagi jaringan Wi-Fi kepada orang terdekat Anda.

Namun, tetap saja Anda harus waspada terhadap para hacker yang bisa saja berbuat hal tidak diinginkan. Seperti kemungkinan password Wi-Fi Anda akan dirubah oleh hacker tersebut.

Rupanya sangat banyak manfaat dari kelahiran QR code ini. Teknologi semakin berkembang dari hari ke hari. Teknologi diharapkan dapat memudahkan para pengguna melakukan berbagai aktivitas.

Di samping itu, teknologi juga diharapkan memajukan negara. Kemajuan teknologi juga dapat memajukan perekonomian negara. Apalagi semakin berkembangnya zaman, sangat banyak teknologi baru bermunculan.

Demikianlah penjelasan mengenai QR Code. Semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda mengenai apa itu QR Code dan manfaatnya.

Share:

Tinggalkan komentar