9 Strategi Pemasaran Online Shop Untuk Mendongkrak Penjualan

Dalam berjualan di online shop, maka setiap pelaku usaha perlu memiliki strategi yang jitu untuk memasarkannya dengan baik. Strategi pemasaran online shop yang jitu nantinya diharapkan mampu menjangkau begitu banyak pembeli.

Promosi sangat penting dilakukan demi bisa menciptakan brand awareness yakni brand bisa dengan mudah dikenali oleh calon pembeli.

Disamping itu, promosi juga penting demi bisa menciptakan loyalitas dari para pembeli hingga untuk memberikan edukasi tentang suatu produk.

9  Strategi Pemasaran Online Shop Jitu yang Pasti Berhasil

Demi bisa tercapainya tujuan pemasaran produk, maka setiap pebisnis perlu menerapkan sejumlah strategi jitu. Hal ini juga begitu penting agar bisa menang dari para kompetitor di luaran sana.

Berikut merupakan sejumlah strategi yang bisa diterapkan untuk memasarkan online shop.

1. Pastikan Situs Online Shop di Halaman Utama Pencarian

Bagi pebisnis yang mempunyai online shop, maka bersiaplah untuk menikmati banyak keuntungan. Terlebih jika bisa menempatkan online shop tersebut di halaman utama pencarian. Prospek mendapatkan pembeli tentu bisa lebih banyak lagi.

Di samping itu, beradanya online shop di halaman utama mesin pencarian juga akan memberikan citra baik. Jika ingin merealisasikan hal ini, maka cobalah untuk menerapkan SEO.

Search engine optimazation ini bisa membantu dalam meningkatkan rangking situs online shop.

Saat ini ada begitu banyak penyedia jasa SEO yang bisa diandalkan. Tinggal cari saja yang memang bisa dipercaya, berpengalaman dan memberikan hasil nyata.

Baca juga: 40 Situs Freelance Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

2. Perluas Jaringan dan Relasi Bisnis

Di dalam bisnis, jaringan dan relasi yang luas sangat penting. Dengan membangun jaringan dan relasi bisnis yang luas, maka strategi pemasaran toko online juga bisa dilakukan dengan maksimal.

Kesempatan untuk memperoleh konsumen maupun klien baru akan semakin banyak.

Guna membangun jaringan dan relasi bisnis yang lebih luas, maka cobalah untuk memulainya saat ini juga. Coba ikut dalam berbagai macam komunitas online shop sesuai dengan bisnis yang digeluti.

Bila perlu hadiri berbagai seminar tentang online shop.

Mulailah dari skala kecil sampai ke luas. Bisa juga mencoba untuk menjadi sponsor di dalam kegiatan sosial maupun pertunjukkan tertentu di lingkungan sekitar.

3. Buat Menarik dengan Konten Marketing Tambahan

Tidak harus selalu menjual produk maupun layanan jasa saja. Ketika seorang pebisnis mempunyai online shop, maka bisa coba untuk membuat konten marketing tambahan yang menarik.

Pastinya hal ini bertujuan guna menarik perhatian pengunjung online shop tersebut.

Media yang bisa dipakai di antaranya video, artikel maupun gambar lainnya yang berkesinambungan dengan online shop. Contohnya, ketika mempunyai bisnis online shop tentang produk kecantikan, maka bisa coba membuat video tutorial make up.

Bila perlu gunakan produk kecantikan dengan brand yang laris manis di pasaran saat ini. Misalnya saja seperti Wardah, Make Over, Purbasari, Nacific dan sebagainya.

4. Maksimalkan Digital Marketing Online Shop

Agar mempermudah komunikasi dengan para konsumen, maka dibutuhkan digital marketing yang maksimal. Nantinya pihak konsumen akan merasa begitu dihargai karena bisa mendapatkan pelayanan optimal dari pemilik online shop.

Selain itu, apabila pebisnis mengeluarkan produk baru, maka konsumen bisa langsung tahu dengan baik. Hal ini pastinya akan menjadi strategi pemasaran online shop yang jitu.

Pelaku bisnis bisa menjalin kerjasama baik menggunakan email, platform sosial media dan lainnya.

Digital marketing juga penting guna melacak perilaku konsumen. Khususnya untuk melihat hal apa yang masih trending dan paling dibutuhkan oleh orang-orang.

5. Pahami Lebih Jauh Tentang Tren dan Platform yang Dipakai

Guna menjadi seorang pebisnis, maka penting sekali untuk selalu tahu update tren yang ada. Pebisnis juga perlu bisa menggunakan berbagai macam pilihan media sosial yang belakangan ini banyak dipakai oleh masyarakay luas.

Miliki juga pola pikir yang tidak kaku sehingga bisa terus paham bagaimana tren saat ini. Terlebih penggunaan sosial media saat ini benar-benar penting dalam dunia bisnis.

Sosial media bisa menjangkau banyak target secara luas dan merata.

Misalnya, Instagram. Sosial media yang populer ini bisa dijadikan media promosi jitu demi bisa menjangkau konsumen secara luas.

6. Miliki Target untuk Landasan Awal Bagus

Target sangat penting dijadikan landasan awal yang bagus untuk menjalankan bisnis online shop. Cobalah untuk melakukan pemetaan target pasar dalam kurun waktu tertentu.

Karena tidak semua orang mau atau membutuhkan produk yang dijual di suatu online shop.

Maka dari itu, cobalah miliki target pasar tertentu. Bidik kalangan dengan sangat baik sehingga bisa mempermudah proses ke depannya nanti. Siapa pula yang tidak ingin bisnisnya berjalan dengan lancar dan baik-baik saja?

Contohnya, target pasar ialah kawula muda. Maka cobalah buat pemasaran yang memiliki kesan gaul, trendy dan tidak ketinggalan zaman.

Baca juga: Dropship: Bisnis Sampingan Tanpa Modal?

7. Facebook Marketing, Mengapa Tidak?

Facebook bukan media sosial yang kuno, kok! Apalagi saat ini Facebook Marketing bisa membantu pemasaran online shop dengan begitu mudah dan praktis.

Facebook Marketing dianggap sebagai media yang cukup potensial dalam bisnis online. Untuk itu, wajib sekali dicoba!

Jangan sesekali meremahkan Facebook. Cobalah untuk tetap aktif menggunakan dan memasarkan produk dengan Facebook. Keuntungan promosi dengan Facebook tentu cukup banyak dan memuaskan pemilik online shop.

Misalnya, mampu menjangkau audiens yang jauh lebih luas, bisa lebih tepat sasaran, biaya sangat terjangkau serta mampu menciptakan brand awereness yang bagus.

8. Gunakan Marketplace

Bergabung dengan marketplace tentu bisa menjadi salah satu strategi bisnis online yang jitu. Belakangan ini ada begitu banyak marketplace maupun situs e-commerce yang bisa dimanfaatkan guna mempromosikan bisnis.

Bergabung dengan marketplace pastinya akan menjadi jalan terbaik. Selain bisa lebih banyak menjangkau audiens, masuk ke dalam marketplace juga akan mempermudah dalam hal pembayaran.

Pembayaran menjadi lebih aman karena ada pihak ketiga yang bertanggung jawab yaitu situs marketplace tersebut.

Ada begitu banyak marketplace yang bisa menjadi pilihan bisnis terbaik.

Mulai dari:

  • Shopee,
  • Tokopedia,
  • Bukalapak,
  • Lazada,
  • BliBli.com dan sebagainya.

Tidak ada salahnya memanfaatkan marketplace yang sudah trend dan booming ini untuk mendongkrak pemasaran toko berbasis online.

9. Manfaatkan Google Ads

Google Ads merupakan platform periklanan yang disediakan oleh pihak Google demi bisa beriklan di berbagai jaringan Google dengan leluasa.

Misalnya:

  • Google Search,
  • Yotuube dan masih banyak lagi.

Strategi pemasaran online dengan Google Ads menjadi semakin tidak terbatas.

Silahkan berekspresi sesuai keinginan. Cobalah pilih pelanggan dengan keyword, topik, waktu hingga lokasi. Lewat Google Ads, pelaku bisnis bisa memantau trafik. Pastinya akan lebih cepat naik dan tertarget dengan sempurna.

Selain itu, Google Ads juga bisa membantu pelaku bisnis gina memperoleh pengunjung sesuai dengan target. Reputasi website juga jauh lebih meningkat nantinya seiring dengan adanya SEO website.

Strategi pemasaran online shop memang perlu dicermati dengan baik. Tentunya demi bisa mencapai target pemasaran yang optimal.

Cobalah optimalkan pemasaran online malalui berbagai macam platform sosial media hingga menggunakan Google Ads dan dapatkan keuntungkan luar biasa.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar