Menu Tutup

Meraih Kesuksesan Bisnis Online di Internet Dengan Hosting Indonesia

hosting indonesia yang berkualitas dengan harga murah

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini, mayoritas masyarakat sudah melek akan teknologi. Meski tidak semuanya mahir, setidaknya mereka mengerti bahwasanya peran internet telah mengubah banyak perilaku manusia.

Perubahan perilaku sendiri bisa dijumpai dengan mudah saat ini di mana orang yang dulunya harus pergi keluar rumah untuk berbelanja, sekarang tidak harus melakukannya karena sudah bisa memanfaatkan keberadaan platform e-commerce.

Bukan hanya itu saja, sekarang mencari uang lewat internet pun juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dimana kita bisa memanfaatkan platform marketplace atau membuat situs marketplace milik sendiri.

Dengan melakukan hal yang demikian itu, kita bisa menjangkau calon pembeli yang lebih luas, mengingat potensi pengguna Internet di Indonesia mencapai 85% dari total Penduduknya.

Sukses Bisa Dicapai dengan Memanfaatkan Internet

Saat ini, dunia online sudah tidak bisa dipandang sebelah mata karena dunia online memiliki peran yang sangat besar bagi dunia bisnis.

Jika sepuluh tahun yang lalu kita hanya mengandalkan media offline untuk mengembangkan bisnis, saat ini hal yang demikian itu tidak berlaku.

Saat ini, kita bisa memanfaatkan keduanya. Bahkan, ketika kita hanya mengandalkan dunia online, bisnis yang kita jalankan pun tetap bisa berjalan.

Sudah ada banyak contoh yang membuktikannya, dan kisah inspiratifnya pun bisa ditemui dengan mudah.

Oleh karena itu, tidak terlalu berlebihan apabila ada ungkapan yang mengatakan bahwasanya sukses bisa dicapai dengan memanfaatkan internet, karena internet memang terbukti mampu mengantarkan seseorang mencapai kesuksesan bisnisnya.

Dan di masa pandemi seperti sekarang ini pun, peran dunia online sangat terasa sekali. Bahkan sebagian besar kegiatan bisnis mengandalkan dunia online untuk menunjang kinerjanya, seperti rapat kerja secara jarak jauh dengan menggunakan Zoom. Oleh karenanya, sebelum orang lain meraih kesuksesan berkat bantuan internet, maka kita harus memulainya terlebih dahulu.

Hal-hal yang Harus Anda Persiapkan

Sebelumnya sudah disebutkan bahwasanya untuk meraih kesuksesan di era teknologi seperti sekarang ini, kita bisa memanfaatkan internet dengan berjualan di marketplace atau situs sendiri. Ada yang memilih untuk berjualan di marketplace saja, dan adapula yang memilih untuk berjualan di situs sendiri.

Namun, langkah bijak yang bisa kita ambil adalah dengan berjualan di kedua platform. Dengan berjualan di kedua platform, peluang untuk mendapatkan keuntungan jauh lebih besar. Selain itu, dengan memiliki situs sendiri, usaha yang sedang kita jalankan juga lebih terlihat profesional di mata pembeli dan calon pembeli.

Untuk Anda yang ingin membuat situs sendiri agar usaha berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Dan yang menjadi catatan adalah dalam pembuatan situs, Anda tidak harus paham akan dunia IT, karena anda hanya perlu mengetahui apa yang “dibutuhkan” agar situs berhasil meluncur ke publik. Dan berikut ini beberapa hal yang harus disiapkan:

1. Domain

Domain adalah suatu nama unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi nama server komputer. Nama domain ini bertujuan untuk mempermudah mengakses ke suatu alamat situs, daripada menggunakan deretan angka yang rumit yang dikenal dengan alamat IP sebagaimana yang dikutip dari PANDI.

Mudahnya, jika situs anda itu diibaratkan sebuah rumah, maka domain merupakan alamatnya yang di mana domain tersebut dapat menggantikan alamat geografis (alamat IP address). Domain sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya .com, .net, .org, .info, .edu , dan .id.

Jenis domain yang disebutkan tersebut juga dikenal dengan nama TLD (Top Level Domain).

Anda yang ingin membuat situs pribadi untuk menunjang bisnis yang dijalankan sangat disarankan untuk menggunakan domain .com, karena domain tersebut lebih familiar dan mudah diingat oleh publik.

Ketika sudah memutuskan untuk menggunakan domain .com, maka anda juga harus memutuskan memilih nama yang tepat untuk situs. Agar mudah diingat oleh orang lain seperti tokoberkah.com atau usahajaya.com.

2. Hosting

Apa Itu Hosting? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Hosting adalah tempat penyimpanan data situs kita seperti file, gambar, dan video yang nantinya bisa diakses melalui internet. Untuk hosting ini, Anda bisa menyewanya bulanan atau tahunan. Dan biaya sewa hosting sendiri tergantung dari kapasitasnya di mana semakin besar kapasitas, maka biaya sewa hosting pun akan semakin mahal.

Selain kapasitas, bandwidth juga menentukan harga sewa hosting. Bandwidth adalah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau bit per second (bps). Jadi ketika situs yang kita miliki memiliki banyak pengunjung tiap harinya, maka bandwidth yang dibutuhkan pun juga semakin banyak.

Mengingat target pengunjung adalah orang-orang Indoensia, maka wajib hukumnya untuk menggunakan Hosting Indonesia.

Semakin dengan lokasi server, maka kecepatan website akan semakin baik. Di Indonesia sendiri, penyedia hosting sudah banyak sekali.

Namun meskipun sudah ada banyak penyedia hosting, Anda harus tetap pilah-pilih mengingat masing-masing penyedia hosting memberikan penawaran yang berbeda-beda.

Adapun untuk penyedia hosting indonesia yang sangat direkomendasikan, anda bisa menggunakan Qwords.

Selain menyediakan hosting murah, Qwords memiliki reputasi yang bagus dan support yang handal sehingga ketika situs mengalami kendala, permasalahan akan cepat terselesaikan.

Hosting murah di Qwords sendiri dijual dari harga Rp14 ribu per bulan hingga Rp86 ribu per bulan.

3. Memilih Platform

Untuk platform, Anda bisa memilih WordPress, Joomla, ataupun Drupal. Namun dari beberapa platform yang sudah disebutkan, sangat disarankan untuk menggunakan WordPress.

Mengingat platform tersebut merupakan platform yang paling banyak digunakan di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Selain menjadi platform terpopuler, WordPress juga memiliki banyak tema Freemium sehingga tampilan situs bisa anda ubah sesuai dengan keinginan.

Tidak sampai di situ saja, WordPress juga memiliki banyak plugin yang bisa diinstall, yang akan membuat kinerja situs akan semakin mumpuni.

Salah satu plugin terbaik yang bisa Anda instal di WordPress adalah plugin WooCommerce. Dengan menggunakan WooCommerce, tampilan WordPress yang sudah jadi akan berubah menjadi situs e-commerce sepenuhnya yang pastinya bisa menunjang bisnis yang Anda jalankan.

Membuat website seperti e-commerce bukanlah impian. Semuanya bisa dilakukan dalam hitungan jam.

Hosting Indonesia & Berkualitas Kunci Meraih Kesuksesan di Internet

Dari beberapa hal yang dibutuhkan dalam pembuatan situs, hosting memegang peranan yang begitu penting, karena hosting mempengaruhi kinerja situs secara keseluruhan. Oleh karenanya, memilih penyedia hosting yang berkualitas dengan support yang handal sangat penting sekali.

Saat ini sendiri, harga sewa hosting sudah semakin terjangkau. Untuk skala bisnis UMKM, kapasitas hosting sebesar 200 MB sudah sangat cukup. Adapun di Qwords, dengan uang Rp14 ribu per bulan, Anda sudah mendapatkan kapasitas sebesar 3 GB.

Namun agar situs yang sudah dibuat semakin mumpuni, memilih hosting dengan harga Rp 50 ribu per bulan merupakan pilihan yang tepat.

Meski bermodalkan hosting murah, peluang untuk meraih sukses sangat terbuka lebar. Jadi, tidak selamanya murah itu murahan.

Setelah situs sudah berhasil online, tindakan yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mempromosikan situs yang kita miliki di berbagai forum, dan juga media sosial. Selain online, Anda juga bisa mempromosikannya secara offline.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk meraih kesuksesan lewat internet. Jadi di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini yang merupakan era internet, sudah seharusnya kita memanfaatkannya untuk memulai bisnis, menunjang bisnis, hingga memperluas bisnis.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *