Syarat Buka Rekening BRI Secara Online dan Offline Terbaru

Bank BRI merupakan salah satu bank ternama yang ada di Indonesia. Setiap warga negara Indonesia punya hak untuk membuat rekening di bank BRI. Namun tentu saja ada syarat buka rekening BRI yang harus dipenuhi. Sehingga nasabah bisa menggunakan fasilitas sebagai nasabah BRI.

BRI memiliki beberapa jenis rekening yang bisa dibuka. Persyaratan yang harus dipenuhi juga memiliki perbedaan.

Setiap jenis rekening berbeda ini, tentu memiliki fasilitas dan layanan yang berbeda pula. Tidak perlu risau, di sini kamu bisa belajar terkait persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

Baca Juga: 7 Bank dengan Biaya Admin Bulanan Paling Rendah

Pada artikel ini, kamu akan menemukan informasi sebagai berikut:

  1. Syarat membuka rekening BRI secara offline
  2. Membuka rekening BRI secara online

Syarat-syarat Buka Rekening BRI

Seperti yang dikatakan di atas, BRI memberikan syarat bagi para calon nasabah yang ingin membuka rekening baru di BRI.

Dengan memenuhi syarat-syarat ini, barulah para nasabah bisa menikmati segala fasilitas maupun layanan BRI.

Mulai dari e-banking, kartu debit, asuransi, dan lain sebagainya baru bisa kamu nikmati hanya dengan memenuhi syarat yang ada. Langsung saja, berikut ini beberapa syarat dalam membuka rekening BRI:

  • Setiap nasabah yang merupakan WNI, wajib memiliki dan menyertakan KTP sebagai salah satu syarat membuka rekening. Sedangkan bagi seorang WNA, calon nasabah wajib memiliki paspor atau sejenisnya sebagai identitas resmi untuk syarat buka rekening.
  • Setiap pembukaan rekening non junior, calon nasabah wajib minimal berusia 17 tahun. Sedangkan saat ini BRI membuka peluang untuk membuka rekening junior dengan batas usia mulai 0 hingga 12 tahun. Ada juga yang batas usianya dari 12 hingga 17 tahun.
  • Setiap pembukaan rekening baru, nasabah harus membayar setoran awal. Jumlah setoran awal yang harus dibayar ini, harus disesuaikan dengan jenis rekening yang dibuka.
  • Harus melakukan pengisian formulir wajib untuk setiap nasabah yang baru buka rekening. Biasanya ini disesuaikan dengan teknis dalam membuka rekening. Jika langsung datang ke kantor cabang BRI, maka formulir akan langsung diberikan.

Sedangkan untuk pendaftar secara online, pengisian formulir bisa dilakukan melalui aplikasi atau situs BRI yang melayani pembukaan rekening online.

  • Bagi pembukaan Britama bisnis, kamu harus membawa lampiran dokumen akte pendirian usaha beserta anggaran dasarnya. Selain itu kamu juga perlu menyerahkan surat ijin usaha berupa SIUP/ TDP.
  • Sedangkan untuk pembukaan rekening BRI Simpedes khusus usaha, kamu diharuskan menyerahkan fotocopy NPWP. Maka pastikan kamu memiliki NPWP sebelum datang ke gerai BRI untuk membuka rekening usaha baru.

Syarat Setoran Awal Pembukaan Rekening

Salah satu syarat penting dalam proses buka rekening BRI, adalah menyetorkan tabungan awal dengan jumlah uang yang disesuaikan jenis rekeningnya.

Bagaimana aturan setor awal untuk tiap jenis rekeningnya? Berikut ini beberapa detailnya:

1. Britama Bisnis

Khusus nasabah yang membuka rekening BRI jenis Britama bisnis, maka uang setoran awal yang harus dibayarkan adalah minimal sebesar satu juta rupiah.

2. Tabungan BRI Simpedes

Simpedes sendiri memiliki kepanjangan simpanan penduduk desa. Bisa dibilang jenis rekening ini merupakan jenis rekening yang paling dasar atau biasa.

Fasilitas untuk rekening sjmpedes juga tidak selengkap jenis rekening BRI lainnya.

Maka tidak heran jika syarat setoran awal untuk jenis rekening ini cukup rendah, yakni hanya 50 ribu rupiah.

Persyaratan umum untuk membuka rekening ini juga sama dengan syarat-syarat yang sudah dijelaskan di atas.

3. Tabungan Britama

Jika sebelumnya pada rekening Britama bisnis kamu diharuskan membayar setoran 1 juta, maka berbeda halnya dengan setoran awal yang harus dibayarkan pada pembukaan rekening Britama biasa.

Setoran yang harus kamu bayar adalah 250 ribu rupiah.

4. Rekening Britama X

Masih dengan jenis rekening Britama, kali ini pada Britama X kamu diharuskan setor awal uang tabungan sebesar 100 ribu saja.

Memang setoran ini lebih kecil dibandingkan dengan Britama biasa. Namun tentu saja fasilitas di dalamnya punya perbedaan.

5. Britama Valas

Berbeda dengan rekening Britama lainnya, Britama Valas ini dikhususkan untuk setoran uang asing.

Tentu saja jumlah setor awalnya juga berbeda dari Britama yang lain. Beberapa jenis jumlah setor awal sesuai mata uangnya adalah:

  • USD 50
  • JPY 5000
  • EUR 50
  • AUD 50
  • HKD 350
  • CNY 350
  • GBP 50
  • SAR 300
  • AED 175

6. Rekening Simpel

Rekening Simpel merupakan kependekan dari rekening simpanan pelajar. Rekening ini dikhususkan untuk para pelajar yang ingin punya tabungan sendiri.

Karenanya setoran awal dari rekening ini sangat kecil, yakni hanya 5000 rupiah saja.

7. TabunganKu

Rekening tabungaku ini juga merupakan jenis rekening BRI yang bisa dibilang tabungan biasa dengan fungsional dasar menabung.

Fasilitasnya juga tentu tidak selengkap rekening lain. Untuk setoran awalnya, kamu hanya perlu membayar 20 ribu rupiah.

8. Britama Junior

Sebelumnya sudah dijelaskan terkait syarat pembukaan Britama junior secara sekilas di atas. Untuk setoran awal Britama junior ini, kamu hanya perlu setor sebesar 100 ribu rupiah saja.

Syarat Daftar Buka Rekening BRI Online

Pada penjelasan di atas, kamu sudah belajar terkait bagaimana dan apa saja syarat yang harus dipenuhi saat membuka rekening BRI.

Karena jaman yang sudah serba digital, maka BRI telah membuka kesempatan untuk membuka rekening secara online. Lantas apa saja syaratnya?

Sebenarnya syarat buka rekening BRI secara offline maupun online hampir sama. Namun ada beberapa teknis yang tentunya berbeda. Lantas bagaimana syaratnya?

  • Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah koneksi internet. Kamu bisa download terlebih dulu aplikasi Brimo atau situs layanan untuk buka rekening online.
  • Siapkan KTP asli dan lakukan scan atau foto KTP.
  • Jangan lupa siapkan juga tanda tangan di atas kertas yang kemudian discan atau difoto.
  • Upload KTP dan tanda tangan yang sebelum sudah melalui proses scan atau foto.
  • Pastikan kamu juga mengisi e-form yang berisi data diri dan beberapa pertanyaan umum lain untuk kebutuhan identitas nasabah.
  • Setelah proses ini, kamu bisa upload bukti pembayaran setor awal untuk pembukaan rekening. Dalam hal ini, pembayaran setor awal bisa ditanyakan pada nomor customer service untuk memudahkan pembayaran secara online.
  • Sedangkan terkait jumlah setoran awal yang harus dibayar, biasanya sebesar 100 ribu rupiah. Ditambah lagi dengan uang administrasi yang harus dibayar adalah sebesar 5 ribu rupiah.
  • Syarat terakhir yang harus dipenuhi adalah jumlah saldo minimal yang harus dimiliki dalam rekening. Jumlah minimal saldo yang ditetapkan adalah 10 ribu rupiah.

Beberapa syarat buka rekening BRI di atas, bisa jadi acuan untuk kamu yang ingin menjadi nasabah BRI.

Pastikan kamu paham jenis rekening apa yang ingin dibuka. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan syarat setor awal yang harus dibayarkan nantinya.

Pembukaan rekening memang sebaiknya datang langsung ke kantor cabang BRI. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, kamu bisa mencoba menggunakan layanan online BRI.

Sehingga kamu tidak perlu mengantri dan bisa melakukan proses secara fleksibel.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar