10 Template WordPress Dengan Loading Tercepat [+Speed Test]

Memiliki sebuah blog wordpress dengan loading  yang cepat adalah impian setiap orang. Karena kecepatan loading dari sebuah situs adalah bagian dari teknik SEO yang di anjurkan oleh Google.

Loading speed akan berpengaruh pada SERP [search engine result page] dan juga berpengaruh pada pengalaman pengunjung blog anda.

Kecepatan loading blog juga berpengaruh terhadap bounce rate. Jadi anda perlu menganggap serius masalah kecepatan loading blog yang anda kelola.

Untuk meningkatkan kecepatan blog ataupun website, anda harus hati-hati dalam memilih template/tema. Template yang dimaksud adalah template yang di buat dengan coding skrip yang bersih, ringan dan responsif. Tak lupa ketinggalan yang paling penting, yaitu harus SEO friendly.

Baca juga : Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog WordPress

Untuk memudahkan anda dalam memilih template yang bagus, mudah di custom, dan tentu saja loadingnya cepat. Saya merangkum 10 template yang bisa anda gunakan untuk mempercepat website dan blog.

Template ini bisa anda dapatkan secara gratis dari template bawaan wordpress. Maupun dari penyedia pihak ketiga di (website penjual tema) yang kualitas templatenya sudah diakui.

Tema WordPress Tercepat

Semua template yang ada dibawah adalah template yang mudah di kustom. Jadi anda tidak memerlukan kemampuan coding untuk mengedit tampilan website atau blog anda nantinya.

Pengujian loading template wordpress ini saya menggunakan WebPageTest. Dimana tools untuk melakukan test ini cukup valid, dan banyak digunakan untuk melakukan speed test pada website.

Berikut ini adalah alat test speed website lain yang bisa anda gunakan:

  • Google Speed Insight.
  • GT Metrix
  • Pingdom Tools
  • WebPage Test

Dan data yang ditampilkan pada artikel ini adalah hasil final full interaktif dari loading template tersebut.

Artinya berapa lama loading template yang di test tersebut untuk mencapai loading sepenuhnya, atau fully load. Anda bisa melihat begaian lain hasil test tersebut kalau ingin melihat lebih detailnya.

1. Writee

Template dengan loading tercepat pertama menurut WebPagetest adalah Writee.

Writee adalah template/tema wordpress yang tersedia secara free, tapi ada juga versi berbayarnya. Template ini adalah salah satu template yang memiliki loading paling cepat dan paling cocok untuk aktivitas blogging.

Tampilan visualnya sangat indah dan khas. Akan sangat cocok untuk anda yang menyukai tampilan blog dengan aksen garis.

Selain itu, tersedia opsi untuk membuat pagination, ikon sosial media untuk sharing, dan related post. Hal itu bisa membuat pengunjung anda betah berlama-lama mengunjungi blog anda.

Anda juga bisa mengkustom breadcrumb, favicon logo, dan mengatur sidebar sesuai selera anda.

Template ini bisa anda upgrade ke versi pro, untuk mendapatkan fitur lebih banyak. Namun menurut saya fitur yang diberikan versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk aktivitas blogging.

10 template wordpress dengan loading tercepat + speed test
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Berdasarkan test speed yang dilakukan di Webpage Test, hasil testnya full loading template ini menunjukkan 1,876 detik. Angka yang sangat cepat di banding 90% website yang ada di dunia.

2. Divi

Divi adalah salah satu template/tema yang paling banyak digunakan di dunia. Khususnya yang berbasis wordpress. Banyak menyukai Divi karena template ini menawarkan fitur yang serbaguna, canggih dan kaya opsi untuk kustom.

Biasanya template lain dapat menggunakan elementor  untuk membangun pagenya. Kalau Divi, justru menggunakan page buildernya sendiri. Dengan menggunakan page builder sendiri, kemungkinan crash atau error yang di tumbulkan akibat ketidak cocokan plugin dengan template hampir tidak ada.

Bagi anda yang berkecimpung di dunia blogging dan ingin kesan professional. Saya sangat merekomendasikan anda menggunakan Template Divi.

Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis online, membuat tampilan landing page untuk online shop anda jadi lebih menarik pelanggan. Divi adalah solusinya!

Kehebatan lain yang tidak dimiliki oleh template lain adalah, kecepatan loading yang sangat cepat bila di banding dengan template yang memiliki fitur sebanyak Divi.

Divi adalah template wordpress yang professional, cocok untuk membuat landing page
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Hasil test yang dilakukan di Webpage test, menunjukkan full loading pagenya adalah 2,214 detik.

3. Neve

Bagi anda yang sudah familiar dengan WordPress, pastinya anda kenal dengan template/tema yang satu ini. Template ini mengklaim bahwa loading speed yang di raihnya adalah yang tercepat di dunia. Template yang dikembangkan oleh themeisle.com ini juga sangat ringan yaitu hanya 28 Kb.

Meskipun anda mengkustom dengan menambahkan banyak gambar. Neve masih sangat mumpuni dan sangat cepat. Inilah yang membuat template ini menjadi salah satu template wordpress dengan loading tercepat.

Neve menawarkan versi gratis dan versi berbayar yang bisa anda pilih nantinya. Bagi anda yang baru menggunakan wordpress, menggunakan versi gratis, sudah lebih dari cukup.

Namun untuk anda yang professional blogger, saya sangat menyarankan anda membeli versi premium. Karena fitur yang ditawarkan semakin banyak, seperti custom font, layout dan masih banyak lagi.

Neve juga menawarkan fitur woocommerce di versi berbayarnya, jadi kapan lagi anda bisa meningkatkan pengunjung online shop anda dengan website yang sangat cepat seperti Neve ini.

Speed adalah temayang cocok untuk anda membuat ecommerce berbasis wordpress
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Hasil test yang saya dapat ketika menguji loading speednya menggunakan Webpage Test adalah 2,593 detik.

4. SEO WP

Template SEO WP di bangun oleh developernya menggunakan acuan dasar yang di tentukan oleh WordPress. Sehingga menjadikan template/tema yang disediakan oleh pihak ketiga ini lulus kualifikasi. Sebagai tema yang di sediakan pihak ketiga, SEO adalah salah satu template wordpress yang bagus dan sangat cepat.

Pengguna template ini biasanya adalah kalangan professional. Seperti digital marketing, freelancer, dan konsultan. Sesuai dengan namanya, SEO WP adalah template yang SEO friendly. Dengan jaminan SEO friendly, akan memungkinkan bisnis anda lebih mudah untuk berada di top search.

Semua bagian dari template ini bisa anda kustom layaknya professional blogger. Mulai dari header, foooter, landing page, dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi, meski dari pihak ketiga, anda tetap bisa mengkustomnya tanpa coding sama sekali.

Tampilan blog dari Template ini sangatlah rapi dan bersih.

SEO WP Juga menyediakan 90 starter page premium yang bisa anda gunakan untuk mendesain tampilan blog maupun website professional anda.

Untuk template ini sepertinya tidak disediakan versi gratisnya, namun mereka memberikan garansi untuk peningkatan tingkat konversi online shop anda, bila menggunakan template mereka.

SEO Wp adalah salh satu template yang mengedepankan SEO Optimize, sehingga mudah bersaing dengan kompetitor
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Hasil speed test yang didapatkan menggunakan Webpage Test, menunjukkan waktu fully loadnya adalah 2,984 detik.

5. GeneratePress

GeneratePress adalah template/tema wordpress yang ringan, dibuat dengan mengedepankan kecepatan dan kemudahan untuk full custom.

Bahkan ukuran Template ini hanya berukuran 10 Kb, kalau anda nantinya ingin membuat tampilan halama-halaman blog ataupun website, GeneratePress kompatibel dengan banyak page builder, seperti Guttenberg, Elementor dan beaver builder.

Saya pribadi sendiri sudah membuktikan, bahwa tema yang satu ini memiliki loading yang sangat cepat. Dalam artikel membuat blog untuk pemula, saya juga merekomendasikan Generatepress.

Coding yang dibuat oleh generatepress juga sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh WordPress.

Sehingga akan banyak sekali kemudahan dan fitur yang bisa digunakan, seperti WooCommerce, layout, header dan masih banyak lagi.

Selain itu, masih banyak tersedia plugin lain yang kompatibel untuk menunjang kinerja WordPress anda.

Untuk GeneratePress ini anda bisa memilikinya secara gratis. Namun jika anda ingin mengaktifkan fitur premiumnya anda perlu membayar sedikit dolar untuk bisa menikmatinya.

Template yang sangat ringan dan super cepat loadingnya
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Dari hasil test menggunakan Webpage Test, fully load template ini adalah 3,162 detik.

6. Yosemite

Yosemite adalah salah satu template WordPress dengan loading tercepat buatan pihak ketiga, yaitu oleh MyThemeShop. Desainnya yang bersih dan minimal membuat Yosemite sempurna untuk blog pribadi.

Yosemite ini menawarkan template/tema yang elegant, clean dan modern yang sudah support dengan berbagai macam plugin dan SEO ready.

Apabila anda ingin mencoba template dari MyThemeShop anda bisa memilihnya di versi gratis, dimana fitur yang dimilikinya pun tidak kalah jauh dengan versi premiumnya.

yosemite
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Hasil speed test yang didapat dari Webpage Test adalah 3,5 detik.

7. Bimber

Bimber adalah template yang berani menjamin penggunanya untuk mendapatkan pengunjung yang meningkat kurang dari 24 jam. Karena memang Bimber dibuat dengan konsep berita yang siap viral.

Anda juga bisa menggunakan 20 lebih starter page yang anda bisa custom sesuai selera. Sehingga anda dapat melakukan custom website atau blog anda tanpa memerlukan kemampuan coding.

Template/tema ini sudah di optimasi untuk bisa digunakan di berbagai device, dan sistem operasi. Loading yang di dapatkan juga sangat cepat dan tentunya faktor utama yaitu SEO friendly. Sehingga konten yang anda buat akan lebih mudah di indeks oleh Google.

Bimber
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Dari hasil test yang saya lakukan di Webpage Test, fully load dari template ini adalah 3,564 detik.

8. Money Flow

Money Flow adalah satu template karya MyThemeshop.com, template/tema WordPress ini sangat cocok untuk blogger yang ingin mengoptimalkan pendapatan dari Google Adsense.

Jadi di template ini sudah di integrasikan dengan google adsense, sehingga posisi dan letak iklan yang di buat akan tetap memanjakan pengunjung blog anda.

10 template wordpress dengan loading tercepat speed test
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Hasil speed test yang didapat dari Webpage Test adalah 3,618 detik.

9. MyBlog

Jika anda memerlukan template/tema yang cepat untuk menaikkan konten anda di hasil pencarian Google, anda perlu menggunakan template yang sudah SEO optimize, Myblog ini adalah jawabannya.

Anda tidak perlu banyak utak-atik template karena memang sudah di optimalkan potensi SEO nya. Template ini modern, ringan dan loadingnya sangat cepat tentunya. Tampilan yang bersih dan rapi, membuat pengunjung anda betah menikmati interface Blog anda.

Sama dengan template modern lain, MyBlog tidak membutuhkan kemampuan coding untuk membuat tampilan blog menjadi indah. Bagi anda yang sudah memiliki pengunjung di atas 1000 perhari, template ini akan sangat membantu meningkatkan kecepatan loading blog anda.

theme fast + speed test
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Hasil speed test yang dilakukan di Webpage Test, waktu full loadingnya adalah 3,687 detik.

10. Socially Viral

Alasan saya memasukkan Socially Viral kedalam template wordpress dengan loading tercepat adalah design yang modern namun tetap minimalis dan bersih.

Template ini berbasis majalah atau news, yang mana pada saat ini masih menjadi trend blogger di Indonesia. Socially Viral di design dengan konsep SEO sehingga akan memudahkan konten anda naik ke halaman depan hasil pencarian SERP.

Layout anda bisa custom sesuai selera, mulai dari 1 hingga 3 coloum bisa di aplikasikan. Sehingga dikemudian haripun ketikan ingin merubah tampilan layout anda tidak perlu harus repot setting template dari awal lagi. Karena semuanya tersedia di Socially Viral.

socially viral
Sumber Gambar

Hasil Speed Test

Dengan melakukan pengujian di Webpage Test, kecepatan full loadingnya adalah 3,7 detik.

Penutup

Anda sudah mengetahui 10 template/tema wordpress dengan loading tercepat. Namun perlu saya ingatkan bahwa, loading cepat saja tidaklah cukup untuk meraih rangking yang bagus.

Anda perlu membuat konten yang baik, dengan memenuhi kaidah On Page SEO. Anda juga perlu paham mengenai Off Page SEO.

Dari template yang saya rangkum di atas, anda bisa menjelajahi lebih banyak lagi berbagai macam template yang cepat, SEO friendly, dan responsif di Mythemeshop.com.

Untuk memastikan loading speednya, anda bisa melakukan test seperti yang saya lakukan.

Template yang disediakan oleh WordPress memang jumlahnya ribuan, namun bila anda ingin mencarinya di luar namun bingung mencari yang terpercaya, maka Mythemeshop.com adalah solusinya.

Mythemeshop.com adalah salah satu pihak ketiga yang  menyediakan template dengan standar coding wordpress, jadi anda tidak perlu meragukan kredibilitasnya.

Share:

2 pemikiran pada “10 Template WordPress Dengan Loading Tercepat [+Speed Test]”

Tinggalkan komentar