15 Usaha Franchise Makanan Terlaris dan Terbaik Tahun 2021

Bisnis franchise memang banyak macamnya. Salah satunya ialah makanan. Walaupun bisa memberikan banyak keuntungan, akan tetapi jika tidak pandai dalam mengelolanya tentu tidak akan bisa berjalan dengan baik. Franchisor juga perlu memilih usaha franchise makanan terlaris.

Dengan permulaan yang bagus, pastinya akan bisa memberikan hasil akhir yang bagus pula. Permulaan seperti ini juga bisa meminimalisir risiko sekaligus mempermudah perjalanan bisnis ke depannya. Untuk itu, cermatlah dalam menentukan pilihan.

15 Usaha Franchise Makanan Terlaris

Memilih usaha franchise makanan terlaris, pastinya bisa memberikan banyak keuntungan bagi setiap franchisor.

Tentunya bisnis seperti itu akan lebih dikenal oleh lingkungan masyarakat luas sehingga membuat franchisor tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelanggan.

1. Tahu Gila

Bisnis franchise makanan terlaris dan murah Tahu Gila
Sumber Gambar: Tahu-Gila

Tahu Gila kini menjadi salah satu bisnis franchise yang cukup populer dan terbilang unik. Tahu ini digoreng dengan balutan tepung serta diberi bumbu-bumbu istimewa.

Cita rasa khasnya membuat tahu ini bisa menjadi makanan harian maupun camilan yang cocok untuk anak-anak muda.

Untuk mendirikan bisnis franchise ini, setidaknya setiap franchisor perlu menyiapkan dana sampai 7,5 juta hingg 13 juta rupiah.

Namun jangan khawatir soal pasarnya….

Karena sudah banyak yang mendirikan bisnis ini sehingga tidak sulit menjangkau pasaran seperti di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sampai luar Jawa sekalipun.

Ingin mulai usaha franchise makanan terlaris dengan modal kecil? Tahu gila dapat menjadi solusinya!

2. Rocket Chicken

Bisnis franchise makanan terlaris rocket chiken

Franchise makanan berupa ayam-ayaman memang selalu laris manis dan cocok di lidah kebanyakan orang. Salah satu rekomendasinya ialah Rocket Chicken.

Franchise yang mengawali karir di Semarang ini terus melebarkan sayapnya hingga memiliki gerai mencapai 760.

Tentu tidak ada salahnya menjadi salah satu bagian dari Rocket Chicken. Dengan franchise seperti ini, maka franchisor tidak perlu pusing dalam memikirkan produk sekaligus manajemen produksi.

Semuanya akan terasa praktis. Selain itu, harga jualnya murah dengan pilihan menu yang variatif.

Baca juga: 10 Tips memilih bisnis franchise yang baik

3. Ngikan Yuk

Usaha franchise makanan berbahan Ikan
Sumber gambar: IG Ngikan

Ngikan Yuk belakangan ini terus merajai franchise makanan di Indonesia. Bisnis kulineran yang juga dikembangkan oleh selebgram Niko Al-Hakim dan Rachel Vennya ini juga bisa menjadi referensi franchise pilihan terlaris.

Hanya saja untuk membuka bisnis ini, setidaknya perlu menyiapkan dana yang banyak.

Franchisor harus menyiapkan dana sampai 300 jutaan demi bisa membuka bisnis Ngikan Yuk. Biaya tersebut sudah mencakup keseluruhan franchise selama 5 tahun.

Dengan menggeluti bisnis franchise ini, maka franchisor bisa cepat memperoleh keuntungan. Bahkan untuk sekedar balik modal pun gampang.

4. Kebab Baba Rafi

bisnis franchise kebab baba rafi

Kebab bisa menjadi pilihan bisnis franchise yang cukup banyak peminat. Hampir semua kalangan tentu menyukai kebab Turki.

Wajar saja jika merk dagang ini sudah tersebar sampai ke 10 negara dengan total gerai berjumlah 1300. Investasi minimal untuk memulai usaha kebab ini ialah  75 -300 jutaan saja.

Dengan dana tersebut, setiap franchisor bisa mendapatkan unit gerobak, SOP, peralatan hingga termasuk pencarian karyawan.

Seluruhnya akan disiapkan dengan cekatan. Menariknya lagi, investasi kebab ini tersedia dalam dua model yaitu reguler dan syariah.

Nantinya model reguler akan dikelola oleh investor. Sementara itu, model syariah akan dikelola dengan pemilik waralaba menggunakan sistem bagi hasil.

5. Sabana Fried Chicken

Sabana FriedChiken
Sumber Gambar : @Sabanaku

Menyoal bisnis franchise ayam-ayaman memang tiada habisnya.  Pilihan bisnis franchise makanan terlaris berikutnya ialah Sabana Fried Chicken. Bisnis franchise makanan ini tentu sudah sangat terkenal dan hampir tidak pernah mengalami yang namanya sepi peminat.

Bisnis makanan ini akan sangat pas jika didirikan di sekitaran kampus maupun kantoran.

Selain cita rasanya yang lezat, kulineran ayam ini juga menawarkan harga terjangkau sehingga banyak sekali diminati oleh masyarakat luas. Apakah masih berpikir dua kali untuk mendirikan usaha ini?

Untuk apalagi? Dengan mendirikan franchise makanan ini, setiap franchisor bahkan bisa mendapatkan keuntungan mencapai 20 juta rupiah per bulannya.

7. Tahu Jeletot Taisi

Usaha Franchise makanan tahu jeletot terlaris

Banyak orang Indonesia yang menyukai makanan pedas. Hal tersebut tentu bisa memberikan ide segar bagi franchisor untuk mendirikan Tahu Jeletot Taisi.

Jajanan bercita rasa pedas ini tentunya sanggup memuaskan kebutuhan rasa pedas bagi masyarakat luas.

Pastinya ini akan sangat menguntungkan bagi pebisnis franchisor makanan pedas. Brand franchise yang sudah ada sejak tahun 2012 ini kini memiliki cabang sampai 270 gerai.

Dengan modal minimal hanya 20 jutaan saja, para pemula bisa langsung mendirikan usaha makanan enak ini.

7. Eatlah

Eatlah franchise

Eatlah menjadi bisnis makanan franchise kekinian yang laris manis di pasaran Indonesia. Eatlah merupakan kulineran yang terbuat dari olahan salted egg dengan cita rasa tidak biasa.

Wajar jika kulineran ini mampu merebut hati pecinta jajanan khususnya para kawula muda yang gemar jajan kemana-mana.

Kemasan makanan ini juga sangat cantik berbentuk rice box sehingga sangat gampang untuk dinikmati. Untuk memulai bisnis makanan ini, franchisor bisa menggelontorkan modal mencapai 300 jutaan rupiah saja.

Tentunya besaran biaya tersebut akan sebanding dengan keuntungan nantinya yang akan diperoleh.

8. Martabak Orins

MArtabak Orins

Bisnis franchise makanan terlaris berikutnya adalah martabak!

Makanan manis tetap ada di hati penggemar. Tentunya jenis makanan ini bisa menjadi pilihan bisnis yang cukup banyak memberikan keuntungan. Misalnya, Martabak Orins.

Martabak ini terkenal dengan cita rasa lezatnya yang pastinya cocok untuk disantap beramai-ramai ketika santai.

Salah satu varian Martabak Orins yang cukup banyak diminati ialah martabak tipker alias tipis kering. Tentunya jarang sekali ada penjual martabak yang menawarkan varian martabak ini.

Selain martabak manis, juga ada martabak telor yang tentunya akan mampu memuaskan lidah penggemar matabak.

Cabang martabak ini juga sudah banyak dan tersebar di wiliyah Jabodetabek dan sekitarnya. Jadi, wajar saja jika usaha ini dijadikan sebagai referensi bisnis franchise yang cukup menguntungkan.

9. Ayam Bakar Mas Mono

Usaha franchise ayam bakar mas mono
Sumber gambar: Twitter-ayam bakar mas mono

Kulineran serba ayam tentu cocok bagi banyak lidah orang Indonesia. Bisnis serba ayam lainnya yang dapat dipilih untuk usaha franchise ialah Ayam Bakar Mas Mono.

Bahkan bisnis ini sudah melebarkan sayapnya sampai ke penjuru Malaysia. Bayangkan betapa lezatnya kuliner ayam bakar ini!

Tidak ada salahnya mencoba bisnis makanan ini.

Karena sudah pasti ayam bakar menjadi makanan yang digemari oleh semua kalangan sehingga tidak sulit dalam mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi ayam bakar ini begitu terkenal dengan rasanya yang lezat.

10. Kue Balok Parikesit

Kue balok parkesit

Siapa yang tidak suka dengan panganan khas dari Jawa Barat ini? Cita rasa kue tradisional ini memang tiada duanya dan sangat cocok dijadikan teman di setiap kesempatan.

Terlebih varian rasa yang ditawarkan juga relatif banyak dan pastinya sanggat menggoda.

Seperti cokelat, greentea, matcha dan sebagainya. Tentunya bisnis makanan ini sangat direkomendasikan karena cukup minim pesaing.

Jadinya, franchisor bisa memperoleh banyak keuntungan dengan berbisnis Kue Balok Parikesit khas Jawa Barat ini. So pastikan untuk mempertimbangkan memilih kue balok untuk menjadi usaha franchise makanan terlaris untuk menjadi tempat investasi.

11. Hisana

Franchise ayam goreng hisana

Usaha franchise di bidang makanan rupanya juga bisa memberikan keuntungan yang berlimpah. Seperti halnya usaha franchise pada umumnya.

Hisana adalah usaha makanan khas Amerika Serikat berupa ayam goreng renyah yang pastinya selalu disukai banyak masyarakat luas termasuk semua kalangan.

Pada awalnya ayam goreng dikenalkan dengan harga yang cukup mahal. Akan tetapi, kehadiran Hisana mengubah semuanya.

Peluang usaha franchise di bidang kulineran ayam ini bisa memberikan keuntungan yang luar biasa bagi franchisor. Bahkan keuntungan yang diperoleh bisa mencapai belasan juta rupiah.

Tentunya jika dilihat setiap bulannya.

Untuk memulai bisnis ini, di wilayah Jakarta dan sekitarnya akan dikenakan tarif mencapai 22 juta rupiah. Sementara itu, untuk luar Jabodetabek mencapai 23 juta rupiah.

12. HungryPedia

Franchise restoran hungrypedia

Usaha franchise makanan yang akan booming dan terlaris selanjutnya adalah HungryPedia.

Konsep franchise ini memang terkesan lebih kedalam bentuk resto model. Karena pangsa pasar yang hendak dituju adalah para kamu ekonomi kelas menengah bawah hingga menengah atas.

Namun masih sangat terjangkau untuk menjangkau para kaum milenial.

Hungrypedia berkomitmen untuk menambah variasi menu setiap 6 bulan sekali lho. Sampai saat ini, mereka sudah memiliki 70 varian lebih menu yang dapat di jual oleh mitra. Selain itu, mitra juga diperbolehkan untuk menentukan menu sesuai keinginanan.

Untuk kamu yang berminat untuk memiliki bisnis franchise ini, kamu perlu menyiapkan biaya investasi mulai dari 160-300 juta untuk paket standar.

Dan paket premium akan membutuhkan modal hingga 1,4 milyar.

Jangan tergesa-gesa untuk memilih yang premium, ada baiknya sebagai Langkah awal paket standart sudah lebih dari cukup.

13. Ayam Gepuk Pak Gembus

Ayam Gepuk pak gembus

Franchise berbau ayam memang tidak pernah ada habisnya. Salah satu yang cukup dipertimbangkan ialah Ayam Gepuk Pak Gembus.

Ayam gepuk disini menawarkan menu ayam istimewa dengan pilihan sambal sesuai levelnya. Pastinya akan jadi favorit para penggila makanan pedas di Indonesia.

Untuk memulai usaha yang dipegang oleh PT. Yellow Food Indonesia ini, maka seorng franchisor perlu menyiapkan dana sekitar 40 jutaan rupiah.

Jangan lupa juga sediakan karyawan dengan jumlah minimal sebanyak 2 orang. Biasanya juga, franchisor perlu menyiapkan tempat usaha sejenis ruko.

Luasnya berkisar 4 x 8 meter. Tentunya sebelum memulai usaha, akan dilakukan servei terlebih dahulu oleh perusahaan bersangkutan.

14. Warunk Upnormal

Franchise makanan Warung Upnormal

Warunk Upnormal menyasar target market anak muda. Dengan menawarkan kenyamanan dan aneka menu kekinian, tentu membuat usaha ini bisa menjadi referensi cukup baik bagi para franchisor.

Usaha ini terbilang memiliki sistem bisnis yang begitu terintegrasi dan terpusat.

Di samping itu, usaha ini juga didukung dengan program marketing dan promosi yang terukur.

Warunk Upnormak juga selalu memberikan inovasi dengan pilihan menu yang tentunya akan membuat konsumen menjadi tidak bosan sehingga terus menerus berkunjung.

15. Bananugget

Franchise makanan yang sedang hits dan terlarisBanan Nugget

Ide bisnis franchise makanan memang tiada habisnya. Seperti halnya Bananugget. Ini merupakan jajanan hits lama yang masih terus eksis sampai sekarang. Pastinya cocok sekali dijadikan teman nongkrong para kawula muda.

Sama seperti namanya, jajanan ini terbuat dari pisang yang dibentuk sedemikian rupa layaknya nugget. Kemudian akan dilumuri cokelat, kacang serta susu setelah digoreng. Membayangkannya saja sudah sanggup bikin lidah kemecer!


Pilihan bisnis franchise makanan terlaris tersebut kiranya bisa memberi referensi. Terlebih bagi yang ingin memulai bisnis franchise makanan.

Jangan lupa sebelum memulai usaha ini, sebagai franchisor pemula perlu menghitung dan merencanakan kebutuhan yang pas. Cermati juga kontrak kerja dengan baik.

 

Share:
  • 2
    Shares

Tinggalkan komentar