15 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Mencari penghasilan tambahan terkadang menjadi pilihan yang harus diambil ketika keadaan mulai tak menentu. Apalagi bagi ibu rumah tangga. Tapi kadang memiliki anak kecil menjadi halangan. Untuk itu, di sini kami akan bagikan peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil.

Memiliki anak kecil di rumah berarti kita tidak bisa sembarang meninggalkan atau mengalihkan perhatian darinya.

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang ringan dan bisa dikerjakan dari rumah. Beruntung, sekarang sudah banyak pekerjaan semacam ini, berikut beberapa diantaranya.

Baca Juga: 20 Aplikasi Penghasil Uang di SmartPhone

15 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Kamu tidak perlu risau dengan status sebagai Ibu Rumah Tangga. Karena sejatinya semua usaha bisa dilakukan asalkan ada kemauan dan mengetahui peluang apa saja yang bisa kamu manfaatkan.

Usaha pertama yang sangat mungkin bisa kamu lakukan adalah.

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah bisnis yang sangat cocok untuk Ibu rumah tangga. Karena tidak memerlukan banyak tenaga dan waktu.

Karena kamu hanya perlu memanfaatkan Smartphone untuk menjalankan bisnis ini. Semua transaksi mulai dari barang, penyimpanan, pengepakan, hingga pengiriman sudah di handle oleh supplier.

Dengan bisnis ini, kamu dijamin tidak akan kehilangan momen bersama si kecil lho.

Masih bingung mulai dari mana?

Yuk mulai dari memilih supplier dropship yang terpercaya. Baca selengkapnya disini ya 15 Supplier Dropship Terbaik dan Terpercaya.

2. Menjual Lauk ke Warga Komplek

Mungkin terdengar aneh ya, tapi ini sangat mungkin kamu lakukan lho.

Kamu bisa membuat group Whatsapp khusus warga komplek lalu menjajakan jualanmu disana. Mengapa hal ini menjadi mudah, karena kamu bisa masak sekaligus untuk keluarga dirumah.

Tidak perlu muluk-muluk untuk langkah pertama.

Cukup masak beberapa porsi ekstra untuk tahap perkenalan. Biarkan dunia tahu kalau masakanmu layak untuk di tunggu ya…

3. Usaha Jual Pulsa

Menjual pulsa adalah peluang usaha yang sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Kamu hanya membutuhkan sebuah Hp dan sedikit modal untuk membeli pulsa pertama dari agen.

Sekarang kamu bahkan tidak perlu keluar rumah karena agen digital kini sudah banyak ditemukan.

Kamu bisa membeli pulsa dari e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dari provider yang menyediakan, atau bergabung dengan berbagai program yang ditawarkan bank.

Karena usaha ini minim effort, kamu masih punya kesempatan untuk menjalankan usaha lainnya. Langsung lanjut ke nomer 4.

4. Membuka Toko Sembako

Setiap orang butuh bahan pokok. Untuk membuka toko sembako adalah peluang terbuka yang tidak akan kehilangan pembeli.

Apalagi jika disekitarmu belum ada toko seperti ini. Tapi kalau sudah ada, kamu hanya tinggal bersaing dari segi harga dan kualitas. Ingat, bersainglah secara sehat ya.

Menjalankan sebuah toko sembako bisa dilakukan sambil mengasuh anak. Karena kamu bisa memanfaatkan space kosong di rumah untuk menjajakan jualan. Kamu tidak perlu keluar rumah dan tinggal menunggu pembeli datang.

Tengkulaknya pun tidak dilakukan terlalu sering. Disarankan untuk melakukan tengkulak langsung dengan jumlah besar agar kamu tidak perlu keluar rumah lebih sering. Persiapkan juga peralatan dasar untuk menunjang usahamu seperti rak, gunting, timbangan, hingga etalase untuk display barang jualan.

5. Jasa WiFi Sekitar Rumah

Kamu punya Wi-Fi berkecepatan tinggi tapi minim pengguna? Ini bisa jadi peluang usaha lho. Caranya, kamu bisa menjual voucher atau menjual password Wi-Fi tersebut kepada masyarakat sekitar.

Usaha ini berpotensi tinggi karena di saat pandemi ini, semua dilakukan serba online.

Kamu bisa menyasar anak-anak yang bermain game online atau mereka yang membutuhkan akses internet tanpa batas kuota.

Kamu pun bisa menjalani usaha ini tanpa harus meninggalkan anak karena semua diurus dari rumah. Kamu hanya harus rela berbagi bandwidth Wi-Fi dengan orang lain.

6. Membuka Toko Roti

Khusus buat kamu yang suka dan pandai membuat roti. Ini ada peluang usaha yang menarik yaitu membuka toko roti. Usaha ini akan semakin bagus apabila tempat tinggalmu strategis. Cukup praktikkan keahlian membuat rotimu dan display di toko yang kamu bangun.

Memang, modal untuk melakukan usaha ini tidak terlalu kecil, namun potensinya sangat besar. Tokomu bisa menjadi terkenal kalau kamu bisa mem-branding-nya dengan baik. Menariknya lagi, kamu tidak perlu keluar rumah untuk mengurus semua ini.

Kamu bisa memasak roti dan membuka roti dari rumah. Untuk masalah bahan, kamu bisa memilih suplier yang bagus dan memintanya untuk diantar ke rumah.

7. Menjual Jasa di Situs Freelance

Di era gig ekonomi seperti sekarang ini, menjual jasa di situs freelance adalah peluang yang besar. Jika kamu merasa punya skill untuk bisa dijual di internet, lakukanlah.

Jual keahlianmu tersebut di marketplace freelance seperti freelancer.com, fiverr.com, sribulance.com, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kisaran Gaji Freelancer di Indonesia

Beberapa jasa yang laku dijual secara online antara lain jasa pengetikan, membuat website, membuat aplikasi, desain grafis, video editing, transcribing, dan lain-lain.

Mungkin awalnya akan sulit menemukan klien, tapi yang penting mulai dulu dan bangun portofolio yang bagus.

Kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini dari manapun. Potensi income-nya pun tidak terbatas. Kamu bisa menghasilkan banyak uang ketika sudah banyak klien yang menggunakan jasamu.

Apalagi kalau bisa menggaet klien luar negeri.

8. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Ini adalah usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil dan menyukai binatang. Apalagi jika di sekitarmu banyak orang yang memelihara binatang. Bisa jadi lahan bisnis penitipan hewan peliharaan.

Jasa ini biasanya akan ramai menjelang lebaran ketika banyak orang mudik dan untuk sementara tidak bisa mengurus peliharaan mereka.

Nah, di momen ini, kamu bisa memanfaatkannya dengan menyediakan tempat untuk hewan tersebut dan mengurus mereka untuk sementara waktu.

Usaha ini bisa dilakukan dari rumah. Tapi kamu perlu menyiapkan ruangan yang cukup luas dan kandang yang bersih untuk hewan-hewan tersebut. Jangan lupa juga kalau hewan membutuhkan makanan. Jadi pastikan persediaan makanan mencukupi.

9. Bimbingan Belajar

Kalau kamu punya passion di bidang mengajar, kamu bisa membuka jasa bimbingan belajar di rumah. Usaha ini tidak menyita terlalu banyak waktu karena kamu bisa mengajar di waktu malam saja dalam beberapa jam.

Tentunya cara ini tidak akan mengganggu waktumu bersama anak karena tetap bisa berada di dekatnya selama mengajar. Untuk potensi penghasilannya, bergantung pada berapa anak yang belajar dan berapa tarif yang kamu pasang per-jamnya.

10. Jasa Menjahit

Usaha menjahit adalah usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil berikutnya. Menjahit adalah jasa yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang dari waktu ke waktu.

Karena setiap orang pasti membutuhkan baju atau memperbaiki baju yang rusak.

Kalau kamu memiliki keahlian ini, jangan disia-siakan dan buka usaha jasa menjahit pakaian.

Jika kamu pandai menjalankannya, mungkin suatu hari usahamu akan menjadi besar dan kamu bisa merekrut karyawan. Selain mendapatkan untung, kamu juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

11. Jasa Katering

Hampir sama seperti jasa buka toko roti, jasa katering juga cocok untuk ibu rumah tangga yang suka dan pandai memasak. Kamu bisa menerima pesanan dengan kuantitas tertentu untuk menyesuaikan dengan kemampuanmu karena masih punya anak kecil.

Usaha ini juga berpeluang untuk menjadi semakin besar apabila kamu pandai dalam memasarkan dan memberikan branding yang kuat. Potensi penghasilan pun menjadi sangat besar seiring dengan semakin banyaknya pelanggan yang datang.

13. Menjadi Penulis Lepas

Menulis adalah keahlian yang mudah untuk menghasilkan uang di internet. Saat ini, perkembangan blog dan website membuat banyak orang membutuhkan konten untuk mengisi blog dan website mereka. Inilah peluangmu untuk mengisi posisi tersebut.

Kamu bisa membuka jasa pribadi atau ikut di website penyedia artikel untuk menjadi penulis lepas. Kamu bisa mengerjakan ini dari rumah saja tanpa harus meninggalkan anak.

14. Usaha Menjual Gantungan Kunci

Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah tangga yang punya anak kecil

Usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil selanjutnya adalah membuat gantungan kunci.

Jangan mengira bahwa membuat gantungan kunci adalah hal yang sulit. Karena jika dilihat dari modal dan cara membuatnya cukup mudah.

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah chain sebagai penghubung kunci dan bandulnya.

Sedangkan bandulnya, bisa dibuat menggunakan resin maupun boneka yang dibuat dari anyaman benang woll seperti di atas.

15. Membuat Blog

Seiring dengan perkembangan zaman, kamu harus dan wajib untuk mulai mempertimbangkan bisnis yang berbau digital.

Menjadi selebgram ataupun youtuber?

Mungkin saja bisa sukses. Namun butuh efort dan usaha ekstra, karena akan menyita waktu. Beda halnya dengan blog, keterampilan yang kamu perlukan adalah hanya menulis.

Kamu dapat menulis apapun, mulai dari kegiatan sehari-hari bahkan bisa juga menulis tentang pengalaman mengasuh si kecil.

Banyak kok Ibu-ibu yang sukses setelah menulis blog. Lumayan lah bisa menghasilkan 3-10 Juta perbulan.

Minat untuk membuat blog? Gampang kok, silahkan baca disini ya.

Ada banyak usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil yang bisa dikerjakan dari rumah dan tidak membutuhkan effort yang besar. Kamu tinggal menyesuaikan waktu dan metode menjaga anak agar usahamu tetap berjalan dengan lancar.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar