15 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan Tahun 2021

Usaha yang langka tapi menguntungkan, apakah ada? Tentu saja ada. Karena sampai saat ini banyak sekali pengusaha yang meraih kesuksesan ketika berani mencoba hal baru. Sebab inti dari berbisnis ialah harus memiliki kemauan serta pemikiran yang kuat.

Langka yang dimaksud di sini ialah tak banyak orang yang mau melakukannya. Namun, tetap saja meski langka peluang keuntungannya sangatlah menjanjikan.

Jika Anda kebingungan dengan bisnis apa yang ingin dijalankan, maka berikut ini adalah beberapa daftarnya yang bisa Anda pilih.

Baca Juga: 15 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

15 Jenis Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Berikut ini kami sudah merangkum jenis-jenis usaha yang masih langka, namun punya potensi dan peluang yang sangat menjanjikan.

1. Menjual Es Krim Rendah Kalori

Usaha yang masih langka tapi menguntungkan

Siapa yang menyangka bahwa usaha es krim adalah usaha yang masih langka? Ya memang benar bahwa es krim main stream sudah sangat menjamur jenisnya.

Lalu bagaimana dengan es krim yang punya kalori rendah?

Jangan-jangan Anda baru mendengarnya?

Ya, es krim yang di tujukan untuk pecinta es krim namun tetap ingin menjaga dietnya adalah angin segar. Di Indonesia memang sudah ada yang menjualnya. Namun sudahkah masuk ke daerahmu?

Kalau belum kamu bisa mempertimbangkan yang satu ini untuk menjadi salah satu usaha Anda.

Cara membuatnyapun tidak terlalu susah, Andabisa mengganti komposisi pemanis guna mengurangi kalori yang terkandung.

2. Membuat Spot Photo Instagramable

Semakin masifnya era sosial media di kalangan milenial, terutama Instagram dan Tiktok akan memunculkan banyak ide baru untuk ikut mengambil bagian.

Salah satunya adalah menyulap ruko menjadi spot foto yang menarik dan kekinian.

Tidak hanya itu, selain menjadikan Ruko menjadi tempat foto, Anda juga bisa sekalian menjual makanan dan minuman sebagai tambahan.

Ibaratnya, sekali melangkah dua pulau terlampaui.

Ide ini adalah ide yang paling mudah dan dijamin cuan.

3. Usaha Pisang Bakar

Usaha kuliner memang tidak ada kata redup. Meskipun pandemi memang belum menampakkan tanda akan usai, namun bisnis kuliner tidak berjalan sebaliknya.

Ditambah dengan banyaknya youtuber kuliner dan jasa online food, fiks bisnis kuliner adalah pilihan tepat dan punya potensi yang menjanjikan.

Salah satunya adalah Pisang. Buah yang tidak mengenal musim ini, mudah untuk di dapatkan kapanpun dan dimanapun.

Pisang adalah buah-buahan yang dapat di olah menjadi berbagai jajanan.

Salah satunya adalah pisang bakar. Rasanya yang semakin lembut setelah dibakar, akan lebih nikmat apabila ditambah dengan varian toping.

Seperti: keju, coklat dan madu.

Yuk tunggu apalagi, masukkan usaha ini kedalam list usaha yang langka tapi menguntungkan.

4. Penulis Artikel

Dengan kemajuan internet saat ini, banyak peluang untuk bisa membuka bisnis baru. Yang mana salah satunya ini bernama jasa penulis artikel atau juga disebut sebagai content writer.

Di era serba gadget sekarang banyak sekali situs website yang berlomba-lomba dalam menciptakan konten berkualitas.

Bagi Anda yang punya skill dalam menulis maka dapat digunakan sebagai pilihan terbaik membuka bisnis.

Dalam bisnis ini tidak menuntut modal banyak, bahkan Anda pun tidak akan bertatap muka dengan orang yang akan mempekerjakan Anda.

Jadi asalkan konten yang Anda buat sesuai ataupun bagus tentu gaji yang didapatkan pun bisa sesuai.

5. Buka Usaha Food Truck

Bagi sebagian besar orang bisnis food truck ini kurang cukup familiar di telinga mereka. Food truck sendiri adalah cara berjualan dengan memakai mobil dan biasanya juga disebut sebagai toko berjalan.

Kepopuleran usaha ini sendiri sebetulnya berawal di negara Amerika, namun belakangan sudah cukup booming di berbagai macam negara termasuk Indonesia.

Terlebih lagi di negara kita ini usaha kuliner sangat menjanjikan. Meskipun bisnis food truck ini membutuhkan modal yang cukup besar, tapi bukan berarti tidak memberikan cuan yang banyak.

6. Kerajinan Daur Ulang

Usaha yang masih langka  tapi menguntungkan berikutnya adalah usaha daur ulang.

Jika Anda memiliki bakat dalam hal mengubah bahan bekas menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual, maka Anda bisa menekuni usaha yang satu ini.

Apalagi negara Indonesia masuk dalam salah satu negara yang mempunyai produksi kerajinan terbesar di dunia.

Jadi usaha kerajinan ini tak dapat dipandang sebelah mata, bahkan bisa meminimalisir angka pengangguran. Sampah organik serta anorganik pun dapat disulap menjadi barang yang dapat dijual dan memiliki nilai seni, kemudian akan membuat Anda dapat banyak sekali keuntungan.

Untuk jenis barang yang diciptakan sendiri sangatlah beragam dan contohnya seperti dompet, gantungan kunci, tas dan lain sebagainya.

7. Usaha Ternak

Budidaya sejak dulu sampai sekarang kerap kali menjadi langkah usaha yang mampu memberikan keuntungan besar.

Namun apakah Anda tahu usaha budidaya sepeti apa itu? Yakni usaha dalam bidang peternakan, karena usaha ini tanpa membutuhkan modal besar dan hanya perlu lahan membuat kandang.

Kenyataannya untuk usaha seperti ini beberapa orang ada yang tidak perlu banyak biaya. Jika Anda tertarik, maka bisa pilih budidaya burung kicau, budidaya ikan hias dan lain sebagainya yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang.

8. Buka Jasa Bengkel Panggilan

Jika Anda punya keterampilan pada dunia perbengkelan, maka akan bagus jika Anda coba membuka usaha yang langka tapi menguntungkan yang satu ini. Jasa servis kendaraan adalah salah satu jasa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Tapi jika dibandingkan Anda membuka bengkel di rumah, cuan dapat Anda peroleh lebih banyak jika membuat layanan panggilan. Karena terkadang banyak pula pengendara yang mana kendaraan mereka mogok di jalanan yang sangat susah menemukan bengkel.

Dengan adanya layanan ini, maka Anda pun menjadi penolong dan sekaligus bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak. Bahkan perbandingan cuan dari bengkel biasa dan bengkel panggilan dapat mencapai lebih dari 30 persen.

9. Jualan Barang Antik

Menjadi seorang penjual barang-barang antik juga bisa memberikan Anda banyak keuntungan. Apalagi barang antik sangat terkenal dengan nilai jualnya yang jauh lebih tinggi karena banyak kolektor yang mencarinya.

Sebagai contoh uang kuno yang belakangan ini memiliki banyak peminat. Kemudian selain itu ada juga barang-barang lain seperti hiasan-hiasan kuno yang bisa dijual dengan harga cukup tinggi.

10. Buka Sewa Drone

Ide bisnis langka lainnya ialah dengan membuka jasa sewa drone, yang sampai saat ini masih jarang sekali pesaingnya. Drone adalah salah satu alat dalam keperluan fotografi atau pembuatan video yang memiliki banyak peminat.

Sebab membeli drone harganya cukup mahal, maka tak ada salahnya jika Anda membuka jasa persewaan alat tersebut agar lebih memudahkan orang-orang yang belum bisa membelinya.

11. Bisnis Frozen Food 

Usaha  berikutnya merupakan bisnis makanan yang pastinya selalu menjadi primadona dan sebagai usaha paling laris. Meskipun usaha seperti ini banyak sekali kompetitornya, tapi jika ditekuni dengan baik pasti bisa memberikan peluang yang baik pula.

Berbagai macam terobosan pada bidang kuliner saat ini membuat jangkauan pembeli jauh lebih. Misalnya saja dengan metode penjualan frozen food.

Untuk bisa menarik minat para konsumen, Anda dapat membuat skema yang menarik yaitu dengan menjual makanan instan yang sehat dengan bahan organik.

Itulah mengapa Anda sebagai penjual juga harus mengetahui gizi ataupun protein yang terkandung pada makanan yang dijual.

12. Penyewaan Hewan Peliharaan

Mungkin untuk usaha seperti ini terdengar aneh, namun bisnis penyewaan hewan peliharaan saat ini tengah berkembang di berbagai negara. Maksud dari penyewaan hewan ini ditujukan kepada orang yang ingin memelihara hewan di kurun waktu tertentu saja.

Bisnis penyewaan hewan ini cukup potensial, yang pastinya di negara Indonesia memang cukup langka karena belum populer. Sehingga Anda pun dapat melakukan promosi tanpa adanya banyak pesaing.

13. Jasa Bagi Hasil dari Penitipan Hewan

Untuk berikut ini merupakan sebuah usaha yang paling banyak ditemui bahkan di area perkotaan sekalipun, yaitu jasa penitipan hewan.

Sebetulnya jasa seperti ini tidak begitu banyak dibutuhkan tapi untuk orang-orang yang tidak memiliki lahan besar pasti sangat membutuhkannya.

Mengenai modal yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu besar, hanya perlu menyediakan tempat yang memadai untuk pembuatan kandang hewan.

Bagian yang paling penting untuk dikembangkan dalam usaha ini merupakan skill serta kerajinan untuk bisa merawat hewan peliharaan dengan baik.

Untuk hari-hari tertentu jasa penitipan hewan seperti ini banyak diminati untuk orang-orang yang keluar kota ataupun mudik. Misalnya saja pada saat hari Natal, hari raya Imlek ataupun idul Fitri. Dijamin jasa ini akan memberikan banyak cuan untuk Anda di masa depan.

14. Usaha Cemilan Sehat

Usaha yang masih langka tapi menguntungkan

Usaha yang langka tapi menguntungkan selanjutnya adalah menjual cemilan sehat. Seperti layaknya es krim rendah kalori yang sudah kita bahas sebelumnya.

Cemilan sehat rendah kalori juga banyak sekali peminatnya.

Karena Anda juga perlu menyadari bahwa banyak sekali yang suka ngemil, namun ingin tetap ramping.

Cemilan sehat bisa berupa snack-snak yang diolah tanpa menggunakan minyak dan pemanis buatan.

15. Bisnis Afiliasi

Nah bisnis yang langka tapi menguntungkan dan punya potensi selanjutnya adalah bisnis afiliasi.

Bisnis Afiliasi adalah bisnis tanpa modal yang kerjanya adalah mempormosikan suatu produk dan membagikan kode referal kepada orang lain.

Nah apabila ada yang melakukan pembelian melalui kode tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

Berikut ini adalah referensi wesbite yang bisa kamu ikuti untuk bergabung dalam bisnis afiliasi atau affiliate marketing. 30 Situs Affiliate marketing Terbaik di Indonesia

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang usaha yang langka tapi menguntungkan. Jenis bisnis-bisnis di atas sangat cocok jika dilakukan oleh pemula yang ingin memulai bisnis baru.

Jadi Anda bisa pilih yang sesuai dengan kemampuan. Paling penting adalah Anda harus suka dengan bisnis yang dijalani dan bukan hanya sekedar mengikuti trend saja.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar